Pentingnya Eksfoliasi Wajah? Lakukan Ini Jika Ingin Punya Wajah Putih Cerah dan Bebas Kusam!

Pentingnya Eksfoliasi Wajah? Lakukan Ini Jika Ingin Punya Wajah Putih Cerah dan Bebas Kusam!

Pentingnya eksfoliasi wajah untuk menfdapatkan wajah yang putih cerah dan bebas kusam--pinterest.com

JOGJA DISWAY - Eksfoliasi adalah proses mengangkat atau menghilangkan sel-sel kulit mati yang terdapat di permukaan kulit. Perawatan ini dapat dilakukan baik di rumah maupun di klinik kecantikan. Nah, apa sih pentingnya eksfoliasi untuk dapat membantu mencerahkan wajah yang kusam ini?

Eksfoliasi kulit bertujuan untuk meningkatkan warna dan tekstur kulit, serta merangsang regenerasi sel-sel baru.

Eksfoliasi kulit juga memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit karena dengan mengangkat tumpukan sel kulit mati, aliran darah pada kulit wajah menjadi lebih lancar dan kulit terlihat lebih sehat.

Semua orang, termasuk remaja, memerlukan eksfoliasi kulit terlepas dari jenis kulit yang dimiliki. Namun, perlu diperhatikan bahwa eksfoliasi perlu disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, dan jenis kulit masing-masing individu. Oleh karena itu, penting untuk memilih jenis eksfoliasi yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu.

BACA JUGA : 12 Cara Memutihkan Kulit Secara Cepat, Rahasia Nutrisi untuk Kulit Cerah dan Glowing!

Penting untuk menghindari eksfoliasi berlebihan yang dapat menyebabkan masalah kulit lainnya, seperti kulit menjadi kemerahan, iritasi, atau bahkan memicu munculnya jerawat.

Manfaat Eksfoliasi

1. Mempercepat Proses Regenerasi Kulit

Meskipun kulit manusia secara alami melakukan regenerasi sel setiap 28 sampai 30 hari atau lebih, ketika sel-sel kulit mati tidak mengelupas dengan baik, ini bisa menyebabkan kulit menjadi kering dan pori-pori tersumbat.

Untuk mencegah kulit terlihat kusam, Anda dapat meningkatkan proses regenerasi kulit dengan rajin membersihkan wajah dan melakukan eksfoliasi secara rutin.

2. Membersihkan Pori-Pori

Eksfoliasi membantu membersihkan pori-pori, sehingga permukaan kulit menjadi bersih dan pori-pori terbebas dari sumbatan, yang pada gilirannya membuatnya terlihat lebih kecil.

Eksfoliasi juga membantu memperbaiki tekstur kulit dengan mengangkat sel-sel kulit mati yang masih menempel di permukaan kulit. Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, proses regenerasi sel kulit dapat berjalan lebih efisien, sehingga kulit terlihat bersih, segar, bercahaya, dan halus.

3. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat bisa muncul karena berbagai faktor, salah satunya adalah penumpukan sel kulit mati. Ketika wajah jarang dibersihkan, pori-pori dapat tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan debu, yang membuat kulit lebih rentan terhadap jerawat.

Oleh karena itu, eksfoliasi sangat penting dalam membantu mengatasi jerawat. Salah satu manfaat eksfoliasi wajah adalah mengurangi produksi minyak, sehingga pori-pori tetap bersih dan tidak tersumbat.

BACA JUGA : Body Lotion Pemutih dan Tercepat: Ampuh Mengatasi Kulit Kusam? Simak Rekomendasinya Disini!

Kapan Harus Eksfoliasi Wajah?

Secara umum, eksfoliasi wajah di rumah sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering, cukup dilakukan setiap dua minggu sekali. Frekuensi ini dianggap cukup untuk menjaga dan merawat kulit agar tetap cerah.

Namun, bagi mereka yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya melakukan eksfoliasi lebih sering. Sebaliknya, untuk kulit sensitif, sebaiknya hindari melakukan eksfoliasi terlalu sering, cukup lakukan sekali dalam seminggu.

BACA JUGA : Begini Rangkaian Body Care Rutin: Tips Memutihkan kulit Tubuh? Wajib Dilakukan!

Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah

Langkah pertama yang sangat penting sebelum melakukan eksfoliasi adalah memahami tipe kulit kamu. Ini karena cara eksfoliasi dapat berbeda tergantung pada jenis kulit kamu.

Bagi pemilik kulit sensitif, penting untuk menghindari eksfoliasi mekanik yang terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi.

Bagi kamu yang memiliki kulit normal, disarankan untuk menggunakan scrub atau eksfoliator kimia secara teratur, sekitar dua kali seminggu.

Bagi kulit berminyak, penting untuk tidak melakukan eksfoliasi berlebihan karena dapat merangsang produksi minyak.

Sedangkan untuk kulit kering, disarankan untuk memilih bahan eksfoliasi yang lembut dan selalu menggunakan pelembab setelahnya.

BACA JUGA : Hindari Kebiasaan Ini Untuk Memutihkan Kulit, Jangan Anggap Sepele! Buktikan Sendiri

Dengan memperhatikan seperti manfaat eksfoliasi wajah, kapan waktu yang tepat untuk eksfoliasi, dan cara melakukan eksfoliasi wajah, tentunya kamu akan mengerti betapa pentingnya eksfoliasi wajah untuk mendapatkan wajah yang cerah dan bebas kusam.

Jadi, yuk jadikan kebiasaan eksfoliasi ini jika kamu mempunyai wajah yang kusam dan ingin mendapatkan wajah yang cerah dan bercahaya! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: