Berkunjung ke Tegal? Jangan Lewatkan Wisata Terbaru 2024, Sedapnya Kuliner Legendaris Khas Tegal, Cek Disini!

Berkunjung ke Tegal? Jangan Lewatkan Wisata Terbaru 2024, Sedapnya Kuliner Legendaris Khas Tegal, Cek Disini!

Soto Tauco Khas Tegal-YoExplore-

DISWASY JOGJA - Tegal, sebagai tempat persinggahan di jalur mudik Pantura, menawarkan pengalaman istirahat yang nyaman dan peluang untuk berburu wisata terbaru 2024 kuliner khas. Cita rasa gurih dan asin yang khas dari masakan Tegal membedakannya dari masakan Jawa pada umumnya yang cenderung manis.

Tak hanya dikenal dengan sate kambing muda dan warung tegal (warteg) saja, masih ada beberapa wisata terbaru 2024 kuliner legendaris Khas Tegal yang masih belum diketahui oleh banyak orang. Kali ini kita akan merekomendasikan beberapa makanan legendaris khas Tegal yang wajib kamu nikmati saat berkunjung ke Kota Bahari ini.

1. Glotak Balungan

Sebagian daerah di Tegal mungkin asing dengan nama tersebut, makanan ini disebut juga dengan ‘petis.’ Wisata terbaru 2024 Makanan yang terbuat dari olahan gembus memiliki cita rasa yang gurih dan pedas sangat cocok dengan lidah masyarakat Tegal.

Balungan sendiri yang memiliki arti dari bahasa jawa artinya tulang. Biasanya ada yang menggunakan tulang sapi dan ada juga yang menggunakan tulang ayam sesuai dengan selera. Ciri khas rasa dari wisata terbaru 2024 kuliner glotak adalah memiliki warna kecoklatan yang berasal dari campuran bumbu-bumbu pelengkapnya.


Glotak dengan Balungan dan Ceker Ayam-rujakangkung-

Glotak kini banyak ditemukan diberbagai daerah di Tegal, terutama sering ditemukan di Kota Tegal. Di Kota Tegal, sangat mudah menemukan jajanan bercita rasa pedas gurih tersebut. Salah satunya Glotak Megap di Jalan Kartini Kota Tegal atau tepatnya di depan Rumah Dinas Wakil Wali Kota Tegal.

Untuk menikmati makanan yang berbahan dasar olahan gembus biasanya dijual cukup ekonomis dengan harga Rp. 5.000 dan bisa ditemukan di pasar-pasar tradisional. Apalagi disaat bulan ramadhan glotak tentu saja jadi buruan para ibu-ibu di sore hari untuk berbuka.

2. Kupat Glabed

Wisata terbaru 2024 berupa makanan legenderis khas Tegal lainnya adalah makanan yang berbahan dasar ketupat lontong, yaitu Kupat Glabed. Hadir dengan tampilan yang menyerupai lontong opor, tetapi dengan kuah kuning santan yang kental dan gurih. Nama "Glabed" sendiri memiliki arti kental, sesuai dengan kekentalan kuah santannya yang menjadi ciri khas utama hidangan ini.

Tidak hanya terletak pada kuah santannya, tetapi juga pada kerupuk kuning yang menjadi pelengkapnya. Kerupuk ini menambah tekstur dan cita rasa yang khas, memberikan pengalaman kuliner tegal yang lebih istimewa.

Wisata terbaru 2024 berupa makanan pengganti olahan nasi ini biasanya disantap pada malam hari hanya dibandrol dengan harya cukup murah, kisaran Rp 5.000,- hingga Rp 10.000,- saja. Saat menyantap kupat glabed, bisa juga ditemani dengan aneka sate yang tersedia, seperti sate telur puyuh, sate kulit, ataupun sate blengong.

3. Soto Tauco

Tegal dikenal dengan wisata terbaru 2024 kuliner soto tauconya yang begitu khas. Tauco berasal dari kedelai, gula merah, dan garam lalu difermentasi. Soto ini terdiri dari nasi, taoge, daun bawang, bawang goreng, dan daging.
Soto Tauco Khas Tegal-YoExplore-

Daging yang digunakan berupa daging ayam, sapi atau jeroan (babad). Bahan dicampur jadi satu dalam mangkok, disiram kuah dan kemudian ditambahkan tauco. Aroma tauco yang khas, serta kuah santan yang kental menambah rasa gurih dan lezat pada kuliner satu ini.

4. Kacang Bogares

Kacang bogares merupakan salah satu wisata terbaru 2024 kuliner industri rumahan khas Tegal yang berasal dari Desa Bogares Kidul, Pangkah, Kabupaten Tegal.

Kuliner yang satu ini juga memiliki keunikan yang lainnya yaitu dalam proses penggorengan tidak menggunakan minyak namun menggunakan pasir. Itulah yang membedakan cita rasa kacang bogares dengan kacang lainnya.

Kuliner tersebut juga bisa disebut cemilan khas Lebaran, karena banyak dicari masyarakat untuk dijadikan suguhan saat Lebaran. Harga camilan ini sangat bervariasi yang disesuaikan dengan ukuran beratnya, kisaran Rp 20.000,- hingga Rp 55.000,00.

 

Jangan lewatkan minuman khasnya, teh poci, yang akan menyempurnakan pengalaman bersantap Anda. Selain teh poci, ada minuman legendaris kha Tegal lainnya, wisata terbaru 2024 Es Lontrong Slawi namanya. Es lontrong sekilas mirip es campur dengan berbagai isian. Namun, perpaduan rasa gurih dan manis menjadi salah satu ciri khasnya.


Es Lontrong Slawi-Jateng Travel Guide

Mari jelajahi berbagai tempat wisata terbaru 2024 kuliner tegal enak di Tegal dan nikmati kelezatan cita rasa yang khas, menjadi teman setia teh poci di setiap sudut kota ini. Selamat menikmati petualangan kuliner tegal Anda di Kota Tegal yang penuh kenangan! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: