7 Kuliner Popular Khas Tegal? Wisata Terbaru 2024, Salah Satunya Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Wajib Cobain

7 Kuliner Popular Khas Tegal? Wisata Terbaru 2024, Salah Satunya Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Wajib Cobain

Gambar Sate --freepik

DISWAY JOGJA – Tegal merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Diapit oleh dua kabupaten, yaitu Brebes dan Pemalang. Mempunyai segudang wisata terbaru 2024 kuliner yang siap memanjakan siapa saja.

Tegal menyimpan banyak keanekaragaman, dari kuliner, obyek wisata terbaru 2024, kerajinan, dan sumber daya alamnya. Bahkan dijuluki Jepangnya Indonesia karena ada wilayah di Tegal yang menjadi pusat kerajinan industri.

Jika sobat berkunjung ke Tegal sayang rasanya melewati kuliner yang dapat memanjakan lidah. Dari makanan ringan hingga makanan berat mempunyai ciri khas tersendiri yang bikin ketagihan siapa saja. Memiliki cita rasa dengan bumbu warisan yang tidak luntur digerus zaman. Berikut list wisata terbaru 2024 kuliner khas yang patut kita coba :

1. Sate Tegal (Batibul dan Balibul)

Sate Tegal batibul dan balibul merupakan rekomendasi wisata terbaru 2024 kuliner yang wajib sobat coba, sate yang dibuat dari daging kambing muda usia di bawah tiga bulan dan lima bulan.

Dengan tekstur enak dan lembut siap menggoyangkan lidah para penikmatnya. Makanan ini bisa sobat temukan di tepi jalan daerah Kabupaten maupun Kota Tegal.

2. Tahu Aci

Tahu genjer dengan sebutan awal, karena memang seperti jengger ayam bentuknya. Tetapi seiring berjalannya waktu makanan dengan bahan dasar  tepung dan tahu ini berubah nama menjadi tahu aci.

Menjadi rekomendasi sobat jika berkunjung ke Tegal. Dengan bentuk irisan tahu segitiga dan aci di atasnya menjadi ciri khas makanan ini. Makanan yang cocok dihidangkan saat berbagai suasana, dan konon sudah ada sejak zaman penjajahan yang terus dilestarikan cita rasanya sampai sekarang.

3 Soto Taucho

Wisata terbaru 2024 Kuliner yang wajib sobat coba selanjutnya adalah soto taucho. Dengan bahan soto pada umumnya, ada bibun, tauge, nasi, daging ayam atau daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan bisa juga dengan babat atau jeroan.

Taucho merupukan bumbu hasil fermentasi kedelai yang menghasilkan rasa asam dan menjadi penyatu rasa gurih daging dengan kuah soto yang nikmat.

4. Sega Ponggol

Kuliner khas Tegal ini biasa dihidangkan saat sarapan. Nasi putih dengan lauk pauk tempe dan tahu orek atau bisa ditambah dengan lauk lain seperti telur dadar, dan mie bihun.

Kuliner dengan bungkusan daun pisang  menjadi penambah cita rasa sedap yang berbeda dengan makanan biasanya. Makanan satu ini sangat mudah sekali sobat jumpai jika berkunjung ke Tegal, dengan dibandrol harga Rp. 5-6 ribu per bungkusnya.

5. Sega Lengko

Makanan berbahan dasar nasi putih dengan tambahan tauge, tempe, tahu, dan mentimun yang diiris kemudian disiram dengan bumbu kacang yang menambah rasa sedap pada makanan ini.

Dengan ciri khas keunikan sega lengko mampu memanjakan lidah bagi penyantapnya. Makanan ini dapat dengan mudah kita dapatkan jika kita berkunjung ke Tegal.

6.Olos

Makanan berbentuk bulat seperti bakso ini menjadi camilan kuliner selanjutnya. Olos merupakan makanan ringan berbahan dasar tepung kanji dengan varian isi sayuran, cabai, potongan daging ayam, sosis, yang bisa disesuaikan sesuai kesukaan kita.

Makanan ringan ini bisa kita hidangkan jika berkumpul dengan kerabat sebagai camilan teman ngobrol. Biasanya makanan ini ditaburi beraneka rasa bumbu yang menjadi penyedap para penikmatnya.

7. Kupat Glabed

Jenis makanan dengan nama unik ini memiliki cita rasa yang dapat menggoyang lidah. Dengan isi potongan kupat, tempe, tahu dan disiram kuah kuning kental yang menjadi penambah rasa sedap di dalamnya.

Kupat glabed sangat mudah sobat jumpai di tepi jalan wilayah Tegal, dengan harga ekonomis yang ramah dikantong siap memanjakan setiap penikmatnya.

Nah, itulah beberapa makanan khas wisata terbaru 2024 Tegal yang wajib sobat coba. Cita rasa nikmat dengan bumbu warisan menjadi ciri khas akan setiap makanannya,  dan tidak lupa juga sangat ramah di kantong sobat sekalian, selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: