Terima Kunjungan Prabowo-Gibran, Sri Sultan Bersikap Netral, Persilakan Semua Capres-Cawapres Berkunjung

Terima Kunjungan Prabowo-Gibran, Sri Sultan Bersikap Netral, Persilakan Semua Capres-Cawapres Berkunjung

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersikap netral dengan menerima kunjungan silaturahmi dari pasangan Capres dan Cawapres.-DOK.-

 

DISWAYJOGJA – Pada Pilpres 2024, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X bersikap netral dengan menerima kunjungan silaturahmi dari pasangan Capres dan Cawapres. Sri Sultan juga mempersilakan semua pasangan Capres dan Cawapres berkampanye di DIY, dengan tertib dan menjaga suasana tetap kondusif.

 

Hal itu disampaikan usai Sri Sultan menerima kunjungan Pasangan Capres Cawapres nomor urut 2, Prabowo-Gibran, Senin (22/1/2024) di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

 

Sama halnya dengan kunjungan Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo pada akhir Desember lalu, pasangan Prabowo-Gibran juga diterima dengan tangan terbuka oleh Sri Sultan.

BACA JUGA:BPK Kunjungi Pemda DIY, Lakukan Pemeriksaan Interim Perkuat Proses Audit Keuangan

 

Sri Sultan menyebut, pertemuan dengan Prabowo-Gibran berlangsung hangat, diselingi dengan obrolan berbagai topik, termasuk seputar pilpres tahun ini. Kurang lebih satu jam, Sri Sultan berbincang secara tertutup dengan kedua Capres dan Cawapres ini.

 

”Kita bersama Pak Prabowo bersama Pak Gibran ini silaturahmi saja. Ngobrol-ngobrol saja, ngobrol macam-macam, tapi kita tidak ada pembahasan yang khusus. Untuk Pilpres, kampanye dan sebagainya ya monggo, karena saya bukan bagian dari itu,” ujar Sri Sultan.

 

Prabowo Subianto pada kesempatan itu membenarkan ucapan Sri Sultan. Prabowo dan Gibran Rakabuming datang untuk silaturahmi. Selain itu, Prabowo meminta arahan terkait pandangan-pandangan Sri Sultan mengenai berbagai masalah, terutama mengenai masa depan dan kepemimpinan. Hal ini karena Sri Sultan merupakan sosok yang dituakan tidak hanya di DIY tapi juga di Indonesia.

BACA JUGA:Segera Cek, Inilah Tanda IMEI Ponselmu Telah Disadap oleh Pihak Pinjol Ilegal

 

“Tadi minta pandangan-pandangan dari beliau. Jadi sesuai budaya kita, kalau mau masuk ke suatu tempat kami datang ke yang paling tua. Jadi kami mohon izin gitu untuk masuk ke DIY,” tutur Prabowo.

 

Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat, Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY Ditya Nanaryo Aji mengatakan, tidak ada yang istimewa dari kunjungan tersebut. Sri Sultan memang selalu dengan tangan terbuka menerima siapa saja yang hendak bersilaturahmi. Namun demikian, hal ini tidak akan mempengaruhi netralitas Gubernur DIY ini dalam Pilpres 2024 mendatang.

 

“Beliau ini kan terhitung dituakan di Indonesia, wajar kalau banyak yang ingin bertemu untuk minta wejangan, termasuk pasangan Capres Cawapres. Ini bukan yang pertama, Desember kemarin Capres nomor urut 3 juga sowan. Bahkan di Pilpres 2019 lalu pun juga kedua Capres sowan. Tidak ada masalah, tetap diterima, tetap netral,” ujar Ditya.

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi 7 Pinjol Terbaik yang Bisa Dicicil Harian, Kamu Wajib Coba

 

Ditya menyebut, bukan tidak mungkin setelah ini akan ada kunjungan dari Capres nomor urut 1. Kalau hal tersebut terjadi, Ditya yakin, Sri Sultan juga akan menerima kunjungan dengan tangan terbuka.

 

Menurut dia, Sri Sultan memang tidak mempermasalahkan kunjungan-kunjungan tersebut, karena Gubernur DIY tersebut tidak memiliki kepentingan politik. Sikap netral ini menjadi dasar bagi Gubernur DIY untuk dengan tangan terbuka menerima kunjungan dari para Capres Cawapres. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: