Bandingkan Sendiri!! Toyota Corolla Cross Hybrid, Lebih Baik dari Yaris Cross?

Bandingkan Sendiri!! Toyota Corolla Cross Hybrid, Lebih Baik dari Yaris Cross?

Spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid terbaru--Pinterest

DISWAY JOGJA – Toyota Corolla Cross Hybrid resmi dirilis di Indonesia oleh Toyota pada 2020. Fitur yang lengkap dan teknologi hybrid telah disematkan pada generasi Corolla terbaru ini.

Toyota Corolla Cross Hybrid bila dibandingkan dengan varian non hybrid, memiliki fitur lebih lengkap. Motor listrik yang disematkan menjadi ciri khas mobil dengan varian hybrid.

Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan mobil hybrid paling terjangkau yang dipasarkan Toyota. Desainnya yang gagah, khas SUV menjadi daya tarik tersendiri.

Toyotal Corolla Cross Hybrid berbeda dengan Toyota Yaris yang menggunakan platform dari Daihatsu. Crossover satu ini sudah menggunakan paltform TNGA (Toyota New Global Architecture).

Dengan perubahannya dari sedan menjadi crossover, mobil ini tetap memiliki kapasitas 5-seater. Dimensinya menjadi lebih gagah dan tinggi dibandingkan varian sedannya.

BACA JUGA : Wow! Keunggulan Toyota Corolla Hybrid 2023 Sangat Ramah Lingkungan Berikut Fakta Uniknya.

 

Eksterior

Dimensi mobil memiliki ukuran yang sedikit lebih pendek dari varian sedannya. Namun cenderung lebih lebar dan tinggi. Selisih lebarnya hanya 49 mm, dan tinggi 180 mm.

Tepatnya crossover satu ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Sedangkan jarak wheelbasenya 2.640 mm, lebih pendek 60 mm.

Dari segi tampilan, Corolla Cross memiliki desain yang sangat berbeda dengan Corolla Altis sedan. Tidak ada yang mirip sama sekali dari sisi eksterior.

Namun berbeda dengan varian bensin dan hybrid, keduanya memang satu mobil yang sama. Hanya saja berbeda pada sektor dapur pacu. Salah satunya memiliki tambahan motor listrik, yakni varian hybrid.

Pada varian Cross ini desainnya terlihat sporty dan modern. Dimensi dan ground clearancenya yang lebih tinggi mobil ini jadi terlihat lebih gagah.

 

Interior

Berbeda dengan sisi eksterior yang tidak memiliki kesamaan dengan versi sedannya. Pada sisi interior justru kebalikannya. Sebab semuanya plek ketiplek sama dengan Corolla Altis sedan.

Dengan jok yang terlihat mewah berbahan kulit dan didominasi warna hitam. Berkat dimensinya yang lebih tinggi, headroomnya cukup aman untuk kepala. Memiliki ruang headroom yang lebih lega.

Sebagai mobil 5 penumpang, crossover satu ini memiliki kabin yang terbilang lega. Begitupula pada bagian bagasi, sangat lega. Menang telak dari varian sedannya.

Untuk kebutuhan hiburan macam musik, tentu mobil ini sudah dilengkapi dengan head unit 9 inci touchscreen. Sudah support bluetooth, NFC, Miracast dan Voice Command.

Jadi perlu repot-repot membuka gawai ketika sedang ingin mendengarkan musik untuk menemani perjalanan. Cukup gunakan fitur voice command, musik macam lagu lawas Nike Ardila akan terputar.

Pada fitur keselamatannya juga cukup lengkap, selaras dengan harganya. Mulai dari Airbag hingga 7 titik hingga stability control dan hill start assist sudah terpasang.

 

Mesin

Toyota Corolla Cross Hybrid memiliki dapur pacu yang lumayan besar. Mesinnya menggunakan jenis 2ZX-FE 4 silinder dengan kapasitas 1.798 cc. Tenaga maksimalnya hanya 97 hp pada 5.200 rpm.

Namun torsi tertingginya cukup besar, yakni mencapai 162 Nm pada 3.500 rpm. Meski tenaga mesin bensinnya kecil, namun memiliki tenaga tambahan dari motor listriknya sebesar 72 ps.

Jadi tenaganya gak loyo-loyo amat berkat mesinnya yang besar, ditambah tenaga ekstra dari motor listriknya.

Berkat perpaduan mesin bensin dan motor listriknya, crossover Toyota satu ini terbilang cukup irit. Konsumsi bahan bakarnya dapat menembus angka 22,4 km/ liter.

Hampir sama dengan konsumsi bahan bakar motor, macam skutikYamaha Nmax.

BACA JUGA : Spesifikasi Yamaha Lexi LX 155 yang Makin Sangar, Kini Pakai Mesin NMax? 

 

Harga

Crossover hybrid Toyota satu ini memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan varian bensinnya. Pada varian bensin harganya mulai dari Rp 540 jutaan.

Sedangkan untuk varian hybrid tertinggi harganya mencapai Rp 608 juta. Selisihnya sekitar Rp 60 jutaan dari varian bensin. Keunggulannya pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

 

Penutup

Toyota Corolla Cross Hybrid merupakan SUV dengan desain sporty dan gagah. Dibekali mesin hybrid, mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang rendah.

Mobil ini cocok untuk kamu yang sedang mencari mobil terbaru dengan desain modern dan sporty, dengan kebutuhan melewati medan tidak terlalu rata.

Demikian spesifikasi Toyota Corolla Cross Hybrid sebagai SUV yang hemat bahan bakar, semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: