Kapolri Resmikan 10 Sumur Bor Polri Presisi Di Gunungkidul, Diharapkan Bantu Pasok Air 6.000 Warga

Kapolri Resmikan 10 Sumur Bor Polri Presisi Di Gunungkidul, Diharapkan Bantu Pasok Air 6.000 Warga

Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meresmikan pembangunan sumur bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul. “Alhamdulillah kit-DOK.-

GUNUNGKIDUL, DISWAYJOGJA – Upaya membantu mengatasi kekurangan air di wilayah Gunungkidul, pembangunan 9 sumur bor Polri Presisi dilakukan di berbagai titik di Gunungkidul. Harapannya dapat bermanfaat bagi sekitar 6.000 ribu warga yang kesulitan mengakses air bersih.

Hal itu dikatakan Kapolri Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo didampingi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meresmikan pembangunan sumur bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo, Karangtengah, Wonosari, Gunungkidul.

“Alhamdulillah kita melaksanakan peresmian penggunaan sumur bor di Desa Karangtengah. Kami membuat sepuluh titik. Dimana dua (sumur bor) saat ini sudah bisa difungsikan. Sementara yang 8 (titik pembangunan sumur bor) memang tadi kita mendapatkan laporan bahwa ada faktor-faktor kesulitan terkait dengan mencari titik. Dengan demikian, memang membutuhkan teknologi dan kemudian juga untuk pengeborannya juga harus hati-hati,” ungkap Sigit saat ditemui usai meresmikan pembangunan sumur bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo, Sabtu (06/01).

BACA JUGA:Kapolda Jatim Teddy Minahasa Ditangkap Div Propam, Kapolri: Nanti Saya Jelaskan Setelah dari Istana

Dua sumur air yang sudah dapat dipergunakan oleh masyarakat Gunungkidul yakni sumur bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo, Karangtengah dan di Dusun Serpeng Kidul, Pacarejo. Sigit sendiri optimis walaupun menghadapi kesulitan untuk menentukan titik pembangunan, pengerjaan 8 sumur bor lainnya tetap akan dapat terselesaikan.

”Tadi kita mendapatkan laporan bahwa InsyaAllah yang 8 (titik pembangunan sumur bor) pun juga akan menghasilkan air, yang tentunya bermanfaat untuk masyarakat. Kalau ini bisa kita lakukan, mudah-mudahan kurang lebih 6.000 masyarakat bisa terjangkau,” ucap Sigit.

Seremonial peresmian pembangunan sumur bor Polri Presisi di Dusun Sidorejo ini dilakukan melalui pemecahan kendi, pemutaran tuas keran, penyerahan air bersih secara simbolis kepada warga setempat, dan diakhiri dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur DIY dan Kapolri.

Bersamaan dengan peresmian tersebut, dilakukan pula bakti kesehatan dan bakti sosial untuk warga yang membutuhkan. Bakti kesehatan tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada 500 orang masyarakat, 100 balita, 100 balita stunting, dan pembagian 100 kacamata baca gratis.

BACA JUGA:Polda DIY Gelar Serah Terima Jabatan, Pejabat Dirintelkam Hingga Kapolresta Yogyakarta Diganti

“Kita melaksanakan bakti kesehatan dan bakti sosial bagi masyarakat yang membutuhkan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Seperti mungkin ada tadi yang keluhannya pusing, terus ingin periksa dalam. Ada juga yang mungkin ingin ganti kacamata. Kemudian ibu-ibu yang ingin merawat anak-anaknya yang mengikuti program stunting, mengatasi stunting. Saya kira saya minta Bapak Kapolda untuk programnya terus dilanjutkan, dan mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat,” papar Sigit. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: