Sambut Libur Nataru, Semua Tiket Masuk Wisata di Brebes Harus Berasuransi

Sambut Libur Nataru, Semua Tiket Masuk Wisata di Brebes Harus Berasuransi

MENYAMPAIKAN - Kepala Dinbudpar Brebes Rofiq Qoidul Adzam menyampaikan soal persiapan libur Nataru. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinbudpar) Brebes meminta semua pengelola tempat wisata harus menyertakan asuransi pada tiket masuk. Hal ini untuk mengurangi risiko kecelakaan di kawasan tempat wisata saat memasuki musim hujan di momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

BACA JUGA:Libur Nataru, Jadwal KA Bandara Akan Ditambah dari Subuh Sampai Malam

Kepala Dinbudpar Brebes Rofiq Qoidul Adzam mengatakan, pada momen ini, Dinbudpar memberi perhatian khusus terhadap tempat-tempat wisata yang ramai dikunjungi. Pihaknya juga menekankan, agar pengelola maupun para pedagang di lokasi wisata harus ramah terhadap pengunjung. Mereka diminta memberikan keamanan dan kenyamanan untuk para pengunjung.

BACA JUGA:Puncak Arus Mudik dan Balik Saat Nataru 2023 di Jogja, Diperkirakan Pada Tanggal Ini

”Saat musim hujan, tempat wisata di daerah gunung berisiko licin untuk pegunungan, kemudian di wisata air seperti di pantai dan waduk berisiko dengan kecelakaan air. Jadi setiap tiket masuk harus berasuransi, agar pengunjung aman dan nyaman,” kata Rofiq Qoidul Adzam, Selasa (5/12/2023).

BACA JUGA:Pengalaman Pengguna Tablet Luar Biasa, Xiaomi Pad 6 Max Hadir Dengan Layar Super Luas

Rofiq menyebut, segera berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam pengamanan libur Nataru di tempat wisata. Pihaknya akan melibatkan kepolisian, tenaga kesehatan, relawan, hingga PMI dan Tim SAR dalam untuk keamanan pengunjung. Mereka akan bertugas di titik-titik tempat wisata yang rawan kecelakaan.

BACA JUGA:Merek HP Mahal yang Paling Dicari Orang Karena Kecanggihan dan Statusnya!

”Nanti mereka kita tempatkan di lokasi rawan kecelakaan dan rawan keamanan cuaca. Nanti juga ada imbauan-imbauan untuk kenyamanan pengunjung," ungkap Rofiq.

Rofiq menuturkan, di Kabupaten Brebes ada sekitar 52 daerah tujuan wisata (DTW). Untuk DTW unggulan di antaranya, di wilayah pesisir ada Pantai Randusanga Indah (Parin), Pulau Cemara, dan Hutan Mangrove Pandansari. Sedangkan untuk wilayah tengah, ada Waduk Malahayu, Rest Area Heritage Banjaratma, dan Taman Besaran Jatibatang. Selanjutnya di wilayah selatan atau pegunungan ada Tuk Sirah Pemali dan Agrowisata Kebun Teh Kaligua.

BACA JUGA:Harga Mobil Pikap Terbaru Toyota Hilux Champ, Apakah Bisa dibilang Murah?

”Hampir semua obyek wisata kita dikelola oleh Pokdarwis atau pemerintah desa. Di Brebes komplit, ada tempat wisata untuk semua segmen baik anak-anak maupun orang tua. Dalam momen libur Nataru ini, kami tetap memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pengunjung,” tandasnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: