Sri Sultan Berharap Tiap Kalurahan Jalankan Program Lumbung Mataraman

Sri Sultan Berharap Tiap Kalurahan Jalankan Program Lumbung Mataraman

Sri Sultan saat acara peresmian Lumbung Mataraman di Kalurahan Kedungpoh, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Senin (04/12/2023).-DOK.-

 

GUNUNGKIDUL, DISWAYJOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap semakin banyak lagi kalurahan di DIY yang bisa menjalankan program Lumbung Mataraman. Namun program yang digagas guna mendorong kemandirian pangan masyarakat ini hanya bisa dijalankan bagi kalurahan yang sudah siap saja.

 

BACA JUGA:Selokan Mataram Ditutup, 1.068,6 Hektare Lahan di Sleman Dibiarkan Terbengkalai

 

Menurut Sri Sultan, sudah semestinya setiap kalurahan punya program lumbung mataraman. Namun, program tersebut harus benar-benar dijalankan, karena kalurahan yang menjalankannya akan mendapat bantuan dana yang berasal dari dana keistimewaan.

 

BACA JUGA:Tips Merawat Rambut Smoothing Agar Tetap Sehat

 

”Sejak awal memang kita pilih kalurahan mana yang sudah siap menjalankan lumbung mataraman. Sebab, kalau sudah terpilih harus mau menjalankannya. Saya tidak mau ada lagi kasus pengembalian dana karena kalurahan pada kenyataannya tidak siap. Jadi kalau mau ikut, siapkan dulu, ini butuh pembenahan internal. Yang sudah siap, silahkan ajukan,” papar Sri Sultan saat acara peresmian Lumbung Mataraman di Kalurahan Kedungpoh, Kapanewon Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Senin (04/12/2023).

 

BACA JUGA:Bahaya atau Gak Sih? Minum Kopi setelah Minum Obat

 

Sri Sultan menjelaskan, lumbung mataraman yang dijalankan oleh kalurahan dikembangkan sesuai dengan potensi masing-masing. Menurut Sri Sultan, Lurah dan perangkat desa menjadi pihak yang paling tahu potensi masyarakat di wilayahnya.

 

BACA JUGA:3 Rekomendasi Pinjol dengan Bunga Dibawah 1 Persen yang Cocok Untuk Pelaku UMKM, Kamu Wajib Paham

 

”Harapannya, program ini mendorong pengurangan kemiskinan dan pengangguran. Tapi sejauh mana pengurangannya, yang tahu masing-masing Lurah. Kami memang tidak memasang target, tapi saya harap Lurah dan perangkatnya punya target sejauh mana upaya menyejahterakan masyarakatnya, dengan mengurangi orang miskin dan pengangguran," ungkap Sri Sultan. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: