Kipas angin sejuk seperti AC! pilihan ekonomis dan efisien untuk musim panas

Kipas angin sejuk seperti AC! pilihan ekonomis dan efisien untuk musim panas

Kipas angin sejuk seperti AC! pilihan ekonomis dan efisien untuk musim panas--

DISWAY JOGJA- Musim panas semakin dekat, suhu udara meningkat. Hal ini tentu membuat kita merasa gerah dan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal ini, banyak orang memilih menggunakan arus bolak-balik. Namun penggunaan AC juga memiliki beberapa kelemahan, seperti biaya listrik yang tinggi dan penggunaan bahan pendingin yang berbahaya bagi lingkungan.

Alternatif lain yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan kipas angin dingin seperti AC.Kipas angin jenis ini menggunakan teknologi evaporative cooling untuk mendinginkan udara. Cara kerjanya adalah dengan menyemprotkan air ke udara, sehingga udara menjadi lebih dingin dan lembap.

BACA JUGA:Inilah Penyebab AC cepat rusak dan pemborosan listrik yang Perlu Kamu Tau

kipas angin menawarkan banyak manfaat, antara lain:

1. Menghemat biaya listrik

Biaya listrik untuk kipas angin dingin seperti AC lebih rendah dibandingkan AC.Padahal, kipas angin jenis ini tidak menggunakan kompresor untuk mendinginkan udara.

2. Lebih ramah lingkungan

Kipas pendingin seperti AC tidak menggunakan bahan pendingin yang dapat membahayakan lingkungan.

3. Mudah digunakan

Kipas AC mudah digunakan dan dirawat.

Kipas AC bekerja berdasarkan prinsip penguapan. Penguapan adalah proses dimana wujud zat cair berubah menjadi gas. Ketika air disemprotkan ke udara, air tersebut menguap dan menyerap panas dari udara. Hal ini membuat udara menjadi lebih dingin dan lembab.

Kipas angin AC umumnya dilengkapi dengan tangki air yang fungsinya untuk menyimpan air.Air dari tangki kemudian disemprotkan ke udara melalui kipas angin. Kipas AC juga biasanya memiliki fitur tambahan seperti pengaturan kecepatan kipas, arah kipas, dan pengaturan kelembapan.

Harga kipas angin AC bagus bervariasi tergantung merk, ukuran dan fungsinya. Umumnya harga kipas angin AC bagus berkisar antara Rp500.000 hingga Rp3.000.000.

BACA JUGA:Inilah Panduan Memilih AC Low Watt Untuk kenyamanan Berpendingin Ruangan! Solusi Hemat Energi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: