Jangan Sampai Keliru! Begini Cara Tepat Membersihkan Kipas Angin di Rumah

Jangan Sampai Keliru! Begini Cara Tepat Membersihkan Kipas Angin di Rumah

Cara Tepat Membersihkan Kipas Angin--

DISWAY JOGJA- Kipas Angin menjadi salah satu barang elektronik yang paling sering digunakan di rumah. Karena itu, untuk menjaganya tetap awet Anda harus membersihkannya dengan cara yang tepat.

Kipas Angin dengan kondisi yang bersih, akan dapat bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, keadaan bersih pada alat pendingin ini juga bisa mencegah pemiliknya mengalami berbagai resiko seperti masalah kesehatan. Debu dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kipas bisa menjadi berbahaya jika tidak dibersihkan.

Dalam membersihkan Kipas Angin pun, Anda harus melakukannya dengan cara yang tepat agar tidak merusak komponen Kipas di dalamnya. Sehingga terus terawat dengan baik.

Artikel ini akan membahas terkait cara membersihkan kipas angin dengan tepat di rumah. Simak hingga akhir ya.

Kipas Angin memiliki memiliki fungsi yang hampir sama seperti AC sebagai alat pendingin ruangan. Namun, dlaam hal perawatan dan pembersihan kipas angin lebih mudah dibanding dengan AC. 

BACA JUGA:Perbedaan AC Split dengan AC Portable: Dingin yang Mana?

Berikut ini beberapa cara yang tepat dalam membersihkan kipas angin di rumah.

1. Matikan Kipas Angin dan Cabut dari Kabelnya

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu Anda harus memastikan bahwa alat tersebut dalam keadaan mati dan tidak tersalurkan listrik. Hal ini sangat penting agar pada saat membersihkannya tidak ada aliran listrik yang bisa saja menyambar.

Karena itu sebelum menuju ke langkah berikutnya dalam membersihkan kipas, lebih dulu Anda harus mematikan aliran listriknya, lalu pastikan kabel pada perangkat terebut telah tercabut.

2. Siapkan Alat Pendukung

Cara yang kedua yaitu dengan menyiapkan alat pendukung. Tentu saja pada saat membersihkan kipas tidak cukup dengan menggunakan tangan kosong, diperlukan beberapa alat untuk membantu Anda membersihkannya.

Pada saat akan membersihkan kipas angin, Anda memerlukan beberapa peralatan pendukung seperti obeng, kain lap, sabun pencuci air, dan spon atau kuas cat untuk membersihkan sela-sela pada jaring dan kipas. Pastikan untuk Anda bisa menyiapkan alat-alat tersebut.

3. Buka Penutup Kipas

Tahap berikutnya yaitu dengan membuka penutup pada kipas. Beberapa komponen kipas memiliki sifat yang mudah dilepas, terutama pada saat akan membersihkannya di bagian baling-baling. Karena itu, dengan membuka penutup kipas akan lebih memudahkan pekerjaan Anda. Untuk bisa membukanya Anda bisa menggunakan obeng.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kipas Angin Mini Murah 2023, Berkualitas dan Tahan Lama

4. Cuci Penutup Kipas

Setelah melepaskan penutup kipas, cara selanjutnya dalam membersihkan kipas angin yaitu dengan mencuci penutupnya. Anda tidak perlu khawatir, karena mencuci penutup kipas tidaklah sulit hanya butuh ketelitian saja.

Mencuci penutup kipas dapat dilakukan dengan cara menggunakan air lalu gosokan bersama dengan spon yang telah diolesi sabun. Ratakan sampai ke celah-celah kipas hingga semua tercuci sempurna. Setelah itu bilas sampai terlihat bersih, lalu jemur hingga kering.

5. Bersihkan Baling-Baling Kipas

Cara selanjutnya yaitu dengan membersihkan baling-baling kipas. Ini menjadi komponen yang penting untuk dibersihkan. Untuk membersihkan baling-baling tidak perlu melepaskannya, cukup dengan melakukan gerakan mengelap sampai komponen ini terlihat sangat bersih. Anda bisa menggunakan kain lap basah agar hasil yang terlihat menjadi lebih sempurna.

Setelah selesai mengelap kipas dan sudah terlihat bersih, maka bersihkan kembali dengan kain yang kering dan steril. Lakukan gerakan mengelap hingga baling-baling terlihat sangat bersih. Selanjutnya letakkan saja dan tunggu hingga sisa air pada baling-baling benar-benar menghilang.

Apabila kipas angin tidak terlalu kotor, maka bisa juga dilakukan dengan pengering rambut. Caranya dengan mendekatkan kipas pada hair dryer yang menyala dengan suhu sedang lalu tempatkan pada area yang berdebu dan kotor.

BACA JUGA:Kelebihan Kipas Angin Model AC Terbaru, Yang Wajib Diketahui!

6. Bersihkan Area Kepala dan Badan

Langkah pembersihan kipas selanjutnya yaitu dengan membersihkan area kepala dan badan kipas. Hal ini dilakukan karena tidak jarang debu dan kotoran menempel di area ini, terlebih lagi apabila melekat di sela-sela.

Cara untuk membersihkan area ini tidak terlalu sulit, hanya dengan menggunakan lap basah saja agr kotoran dan debu hilang secara efektif. Kemudian lanjutkan dengan mengelapnya lagi menggunakan kain kering sehingga cepat menghilangkan sisa air dari lap yang basah tadi.

7. Pasang dan Rakit Kembali Seluruh Komponen Kipas Angin

Cara terkahir dalam prroses pembersihan kipas angin yaitu dengan memasang dan merakit kembali semua komponen kipas angin yang sudah kering. Rakitlah kembali dengan menyambungkan satu per satu antar komponen hingga kembali ke sedia kala. Apabila sudah selesai maka kipas angin Anda sudah siap bekeraj kembali dengan performa yang lebih baik.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kipas Angin AC Hemat Listrik, Harganya Mulai Dari Rp200 Ribuan!

Demikian pembahasan terkait cara tepat dalam membersihkan kipas angin di rumah, Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: