3 Desa Wisata di Jogja yang Unik, dijamin Bikin Anda Kecanduan!

3 Desa Wisata di Jogja yang Unik, dijamin Bikin Anda Kecanduan!

3 Desa Wisata di Jogja yang Unik, dijamin Bikin Anda Kecanduan!--Istimewa+Freepik

DISWAY JOGJA - Jogja memang dikenal sebagai tempat dengan kekayaan budaya dan pariwisata yang menarik, baik untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Keberadaannya sebagai pusat kebudayaan Jawa yang menjaga tradisi suku Jawa dengan cermat membuat Jogja mendapatkan penghargaan sebagai City of Culture ASEAN dari Forum ASEAN Ministers Responsible for Culture and Arts (AMCA) ke-8.

Keanekaragaman kebudayaan yang ada di Jogja membuatnya menjadi tujuan wisata yang kental dengan budaya lokal. Salah satu cara untuk merasakan hal tersebut adalah melalui Desa Wisata, yang menawarkan kedamaian dan keindahan alam yang menarik bagi wisatawan, baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri.

BACA JUGA:5 Tempat Rekomendasi Wisata Jogja Paling Populer 2023 & Terkenal yang Wajib Dikunjungi

Salah satu hal yang membuat Desa Wisata di Jogja begitu istimewa adalah gabungan suasana tradisional perdesaan Jawa dan kekayaan budaya Jogja. Berkunjung ke sini akan memberikan pengalaman berharga dengan keramah-tamahan masyarakat dan kesederhanaan yang tak terlupakan.

Jika Anda berencana liburan ke Jogja, berikut adalah 3 rekomendasi Desa Wisata yang patut Anda kunjungi:

1. Desa Wisata Nglinggo

Desa Wisata Nglinggo menawarkan pemandangan luas perkebunan teh, hutan pinus, dan matahari terbit di Puncak Suroloyo. Selain keindahan alamnya, Anda juga bisa mencoba petualangan trekking ke Curug Watu Jonggol yang menantang. Aktivitas lainnya termasuk belajar tentang kehidupan pedesaan tradisional, seperti membuat gula aren dan geblek, serta mengenal budaya lokal seperti tarian Jathilan dan Lengger Tapeng.

BACA JUGA:7 Destinasi Wisata Jogja, Cocok Dikunjungi buat Healing Bersama Teman

BACA JUGA:Inilah 10 Rekomendasi Wisata Malam di Jogja yang Wajib Anda Kunjungi

2. Desa Wisata Tanjung

Desa Wisata Tanjung menawarkan pengalaman unik berupa wisata pertanian. Anda dapat belajar tentang proses bercocok tanam padi dari awal hingga nasi siap disantap. Selain itu, Desa Wisata Tanjung juga dikenal sebagai produsen beras berkualitas di Jogja. Ada juga kesenian tradisional yang bisa Anda nikmati di sini, seperti angguk putri, pekbung, jathilan, tari klasik, dan lainnya.

3. Desa Wisata Kemadang

Desa Wisata Kemadang adalah destinasi pantai yang menarik. Sebagian besar penduduk desa ini terlibat dalam usaha wisata, termasuk penginapan, restoran, dan tempat parkir. Pantai-pantai seperti Baron, Sepanjang, Kukup, Watu Kodok, dan Ngrawe menjadi daya tarik utama. Semua pantai ini telah berkembang dengan baik, dilengkapi dengan fasilitas seperti toilet, area parkir, warung makan, dan penginapan.

BACA JUGA:Bingung Cari Hotel Murah Saat Berwisata ke Jogja? Ini Rekomendasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: