4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli AC Second

4 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli AC Second

AC Split Adalah--freepik.com

2. Tempat Membeli AC second

Seperti saran pertama, perlunya memperhatikan tempat membeli ac second. Apakah tempat kita membeli ac bekas merupakan tempat yang terpercaya atau kurang terpercaya.

Masalahnya, bila tempat untuk membeli ac bekas kurang terpercaya bisa saja toko tersebut memberikan garansi. Namun ketika terjadi kerusakan mengingkari kesepakatan garansi yang diberikan.

Selain membeli ac bekas pada tempat yang terpercaya, dapat juga membelinya pada pemiliknya langsung, bisa jadi akan lebih baik. Sehingga bisa menanyakan alasannya menjual ac, jika alasannya karena rusak sebaiknya perlu dipikirkan ulang.

Namun jika alasannya selain itu, seperti butuh uang atau ganti unit dan kondisi ac yang ditawarkan tidak ada kerusakan layak untuk dipertimbangkan.

 

3. Spesifikasi 

Ketika menemukan ac bekas yang akan dibeli jangan lupa tanyakan spesifikasi ac tersebut. Mulai dari daya, jenisnya, kapasitas mesin,  Btu ac, dan keaslian mesin.

Tujuannya untuk melakukan kroscek pada unit ac apakah performanya masih terjaga atau justru telah mengalami penurunan performa. Selain itu, agar tidak salah memasang ac pada ruangan yang bukan semestinya.

Misalnya ac ½ PK yang seharusnya untuk ruangan 10 m2 sesuai dengan peruntukannya. Serta dengan mengetahui jenis ac, misalnya jenis inverter atau low watt maka kita juga dapat memperhitungkan konsumsi listrik yang akan digunakan.

Yang juga perlu ditanyakan adalah keaslian mesin, seperti kompresor, unit out door, kondensor, dan lain-lain. Jika kondisi mesin sudah ada yang tidak original, maka patut dicurigai bahwa ac sering mengalami kerusakan.

 

4. Harga

Yang juga tak kalah pentingnya, harga. Jangan sampai membeli unit AC second justru dengan harga yang berselisih sedikit dengan harga baru ac dengan merk yang sama. 

Pastikan harga yang ditawarkan masih masuk akal dan sesuai dengan kondisi unit. Jika kondisnya bagus harganya tentu juga bagus, begitu pula dengan kondisinya yang kurang baik harganya cenderung rendah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: