Anda Wajib Tau! Begini Lah 5 Penyebab AC Tidak Dingin! dan Bagaimana Cara Mengatasinya Simak Ulasannya Dibawah

Anda Wajib Tau! Begini Lah 5 Penyebab AC Tidak Dingin! dan Bagaimana Cara Mengatasinya Simak Ulasannya Dibawah

Begini Lah 5 Penyebab AC Tidak Dingin! dan Bagaimana Cara Mengatasinya - Freepik--

DISWAY JOGJA - Sekarang ini sudah banyak keluarga yang mulai menggunakan AC sebagai pendingin ruangan. Tidak semua rumah dirancang dengan desain yang memungkinkan adanya sirkulasi udara yang baik, oleh karena itu diperlukan alat pendingin ruangan untuk mendinginkan furnitur di dalam rumah.

Memiliki rumah dengan memiliki alat pendingin ruangan tentu dapat membuat penghuninya merasa nyaman, apalagi saat panas dan hangatnya sinar matahari menyinari rumah di siang hari. Pendingin ruangan tidak selalu berfungsi dengan baik, terkadang Anda menemukan AC tidak dingin dan terkesan bekerja sangat keras.

Alat pendingin ruangan merupakan mesin yang menuntut perhatian manusia. Tidak ada mesin yang dapat terus berfungsi tanpa memerlukan perawatan dan campur tangan manusia agar dapat terus berfungsi secara maksimal. Sebaiknya Anda rutin memperhatikan kondisi alat pendingin ruangan Anda, apalagi jika sudah mulai menunjukkan gejala-gejala yang menandakan pendingin ruangan Anda tidak dingin.

BACA JUGA:7 Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Nomor 5 Tidak Disadari!

Agar anda bisa mengetahui penyebab dari alat pendingin ruangan yang bermasalah , artikel kali ini akan membahas secara tuntas : 5 penyebab AC tidak dingin dan bagaimana cara mengatasinnya? memiliki tempat tinggal sendiri adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Menikmati angin dan udara luar ruangan Cara cerdas menggunakan alat pendingin ruangan  di rumah untuk menghemat uang.

Ketika Kita sudah memiliki tempat tinggal sendiri adalah salah satu hal yang paling menyenangkan. Anda dapat dengan mudah  memasang pendingin ruangan atau kondensor di rumah Anda tanpa harus khawatir merusak dinding Anda. Saat ini sudah  banyak  rumah yang dibangun dengan memasang beberapa alat pendingin ruangan di dalam rumah secara bersamaan dan Anda dapat menikmatinya dengan mudah.

Tapi penggunaan Pendingin ruangan bukanlah suatu keharusan, apalagi jika rumah Anda memiliki sirkulasi udara yang  baik. Namun, jika rumah Anda tidak memiliki sirkulasi udara yang baik, Anda bisa beralih ke pendingin ruangan sebagai solusi pertama untuk Anda.

Sistem pengkondisian udara sudah ada sejak lama dan  awalnya sistem pendingin  menggunakan gas freon yang berbahaya bagi lingkungan dan menimbulkan masalah dengan melubangi lapisan ozon bumi. Seiring perkembangan, sejak Januari 2020 penggunaan Freon mulai dihentikan dan diganti dengan gas R410A alias Puron yang jauh lebih aman bagi lingkungan.

BACA JUGA:5 Tips Merawat AC Dinding Anda agar Tetap Awet dan Efisien

Sama seperti hal nya kendaraan , alat pendingin juga memerlukan perawatan  rutin agar dapat berfungsi maksimal. Unit AC yang jarang dirawat pasti akan mengurangi kapasitas pendinginannya dan hanya menambah konsumsi listrik Anda. Ada beberapa penyebab AC tidak dingin yang patut Anda ketahui sebagai berikut:

1. Masalah Sistem Kelistrikan

Memperhatikan sistem kelistrikan AC sangatlah penting. Jika pemasangan alat pendingin ruangan tidak dilakukan dengan benar, otomatis dapat menyebabkan masalah pada kapasitas pendingin  udara. Selain itu, sirkuit listrik yang tidak dapat dioperasikan dapat menyebabkan korsleting dan berbahaya.

2. Terjadi Kebocoran Gas Pendingin

Sering terjadi kebocoran pada saluran gas pendingin. Hal ini akan mencegah udara pendingin  masuk sepenuhnya ke dalam pendingin ruangan dan mencegah unit menjadi  dingin. Periksa apakah Anda mendengar suara mendesis yang menandakan adanya kebocoran pada saluran udara. Pastikan untuk mengganti pipa gas yang rapuh dengan yang baru dan memasangnya dengan benar.

BACA JUGA:5 Alasan AC Harus Di Service, Padahal Masih Bisa Mendinginkan Ruangan

3. Unit Pendingin Kotor

Salah satu penyebab  AC tidak dingin yang paling umum adalah unit AC kotor yang  jarang dibersihkan. Jika Anda tinggal di daerah yang  berdebu seperti dekat jalan raya atau jalan layang, sebaiknya Anda lebih sering membersihkan pendingin ruangan. Periksa kertas saring atau saringan kotoran  di dalam alat pendingin. Jika penuh kotoran, bersihkan filternya. Apabila penyaring sudah berubah warna maka Anda bisa menggantinya dengan filter yang baru.

4. Kekurangan Gas Pendingin

Saat ingin membeli alat pendingin ruangan , perhatikan dulu spesifikasi mesin yang ingin Anda beli. Periksa apakah AC masih menggunakan gas Freon atau Puron, karena  tidak boleh salah dengan menuangkan gas pendingin disana. Jika pendingin ruangan Anda kekurangan gas pendingin, otomatis kemampuan pendinginannya akan sangat berkurang. Periksa secara rutin kapasitas  gas pendingin Air Conditioner setiap 6 bulan sekali untuk memastikan kuantitasnya mencukupi.

BACA JUGA:Cara Menggunakan AC Dinding yang Tepat, Agar Tetap Dingin dan Hemat Listrik

5. Sistem Evaporator Beku

Jika rumah Anda masih menggunakan alat pendingin yang lama dan tiba-tiba pendingin ruangan tidak lagi dingin, kemungkinan besar sistem evaporator pada kebocoran pada saluran gas pendingin kondensor membeku akibat terlalu lama digunakan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengatur timer agar alat pendingin tidak menyala terus menerus dan bisa mati saat udara di dalam ruangan dingin.

Nah itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai  5 Penyebab AC Tidak Dingin! dan Bagaimana Cara Mengatasinya semoga apa yang saya sampaikan di atas sangat bermanfaat untuk anda terimakasih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: