Bingung Memilih AC dan Cara Perawatannya? Inilah Tips Memilih dan Merawat AC yang Tepat

Bingung Memilih AC dan Cara Perawatannya? Inilah Tips Memilih dan Merawat AC yang Tepat

Bingung Memilih AC dan Cara Perawatannya? Inilah Tips Memilih dan Merawat AC yang Tepat--

DISWAY JOGJA- AC atau AC merupakan salah satu perangkat elektronik yang banyak diminati di Indonesia. AC dapat menjaga ruangan tetap sejuk, terutama di hari yang panas. Namun, AC juga merupakan investasi yang cukup mahal, oleh karena itu pemilihan dan perawatan yang tepat sangatlah penting.

BACA JUGA:5 Tips Merawat AC Dinding Anda agar Tetap Awet dan Efisien

Berikut beberapa tips memilih sistem pendingin udara yang tepat:

Pertimbangkan ukuran ruangannya

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah ukuran ruangan yang ingin Anda dinginkan. Sistem pendingin udara memiliki keluaran yang berbeda-beda tergantung pada ukuran ruangan.

Jika memilih AC dengan daya yang terlalu kecil maka tidak akan mampu mendinginkan ruangan secara maksimal. Sebaliknya, jika memilih AC yang kapasitasnya terlalu besar, maka akan bekerja terlalu keras dan mengonsumsi energi lebih banyak.

 

Untuk mencari kapasitas AC yang benar dapat menggunakan rumus berikut:

1. Kapasitas

AC = (luas ruangan x faktor beban pendinginan) / 1000. Faktor beban pendinginan (KBPK) adalah nilai yang menunjukkan seberapa besar panas yang dapat dikeluarkan oleh suatu sistem pendingin udara.KBPK bervariasi tergantung pada jenis catu daya AC, suhu lingkungan dan kondisi lingkungan.

2. Pilih jenis AC yang sesuai

Ada dua jenis AC listrik yang umum ditemui di pasaran, yaitu AC split dan AC portable. AC split terdiri dari dua unit yaitu unit indoor dan unit outdoor. AC portable hanya terdiri dari satu unit sehingga mudah untuk dibawa-bawa.

BACA JUGA:Inilah Perbedaan AC Portable dan AC Split yang wajib Kamu Ketahui

3. AC split

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: