Ternyata Begini Cara Menyimpan AC Portable yang Benar

Ternyata Begini Cara Menyimpan AC Portable yang Benar

Cara Menyimpan AC Portable--

DISWAY JOGJA- Jika Anda mempunyai AC portable di rumah, pastikan untuk menyimpannya dengan baik dan benar. Hal ini untuk menghindari kerusakan dini pada unit AC. 

Menyimpan AC portable tidak bisa dengan sembarangan, karena itu akan berpengaruh pada komponen yang ada di dalam AC tersebut.

Dengan menyimpan AC portable pada saat tidak digunakan, itu akan membuat AC lebih awet dan terjaga. Karenanya Anda bisa menyimpannya dengan benar.

Artikel ini akan memberikan informasi terkait cara menyimpan AC Portable dengan baik dan benar di rumah agar tidak mudah rusak. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:8 AC Portable Terbaik Yang Dinginnya Maksimal dan Mudah Dipindakan, Terbaru Tahun 2023!

AC portable merupakan jenis AC yang dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Hal ini akan membuat kinerja mesih menjadi lebih besar dibanding dengan AC pada umumnya.

Oleh karena itu, untuk membuat mesin serta komponen dalam pendingin ruangan ini tetap terjaga dengan baik perlu menyimpannya dengan benar. Berikut ini beberapa cara menyimpan AC Portable dengan benar.

1. Matikan Unit AC

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan pada saat mematikan AC, antara lain:

a. Matikan Unit. Gunakan saklar daya untuk mematikan unit.

b. Cabut AC. Cabut kabel daya dari stopkontak untuk menghindari bahaya listrik.

c. Lepas selang ventilasi. Lepaskan selang ventilasi dari jendela dan lepskan dari bagian belakang unit.

d. Kompres selang ventilasi. Untuk memudahkannya lipat ke dalam untuk memperkecil ukurannya lalu ikat dengan selotip agar tetap terkompresi.

e. Keluarkan ventilasi jendela/pintu. Copot ventilasi jendela/pintu tempat selang dipasang, bersama dengan selotip, busa, sekrup, atau segel lainnya. 

f. Kumpulkan aksesoris. Tempatkan sekrup yang tidak dikencangkan dan bahan penyegel apapun ke dalam kantong plastik untuk penyimpanan yang aman.

BACA JUGA:5 Keunggulan AC Inverter untuk Kamu yang Ingin Hemat Uang, Simak Baik-Baik!

2. Kuras AC

a. Tutupi panel belakang dengan plastik. Untuk mencegah air kondensat kotor masuk ke AC saat menguras tangki, tutupi ventilasi pada panel belakang dengan bungkus plastik.

b. Tempatkan ember/panci di belakang unit. Letakkan ember kecil atau panci dangkal di bawah sumbat pembuangan di belakang unit untuk menampung kondensat.

c. Kuras sumbat atas. Setelah ember atau panci terpasang pada tempatnya, buka sumbatnya dan biarkan air kondensat keluar. Miringkan AC sedikit ke belakang agar dapat membantu Anda pada saat menguras tangki.

d. Kuras sumbat bawah. Sama seperti sumbat atas, Anda juga harus membuka sumbat bawah dan biarkan air kondensat keluar. Dengan memiringkan sedikit AC akan membantu menguras tangki.

e. Pasang kembali saluran air. Setelah mengosongkan tangki, kencangkan kembali bagian atasnya ke sumbat saluran pembuangan.

f. Lepaskan plastiknya. Jangan sampai lupa untuk melepas bungkus plastik yang melindungi panel belakang.

g. Bersihkan bagian luar. Jika ada air kondensat yang masuk ke unit, bersihkan bagian luar dengan air sabun hangat, lalu bilas dengan air bersih kemudian keringkan dengan kain lembut.

BACA JUGA:Beginilah Tips and Trik Merawat AC Portable Anda Agar Tetap Awet! Jangan Skip Simak Simak Ulasannya!

3. Bersihkan Filter, Kuparan dan Eksterior

a. Temukan filter dan lumparan. Temukan apakah filter dan kumparan berada di belakang atau depan panel.

b. Lepaskan panel. Untuk mengakses filter kumparan, gunakan obeng untuk mengendurkan sekrup yang menahan panel. Jika panel tidak dipasang ke unit dengan sekrup, lihat panduan pemilik untuk mengetahui petunjuk cara melepasnya dari unit.

c. Vakum kumparan. Gunakan penyedot debu kecil untuk menghilangkan debu dan kotoran dari kumparan. 

d. Gunakan pembersih koil. Gunakan kacamata pengaman dan sarung tangan, lalu semprotkan koil dengan pembersih koil. Biarkan pembersih selama yang tertera pada botol sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

e. Bersihkan filter. Tarik keluar filter dan gunakan penyedot debu atau sikat untuk menghilangkan debu. Setelah menyaring debu, cuci dengan air sabun hangat dan kain lembut. Lalu bilas filter dengan air bersih.

f. Bersihkan bagian luar. Cuci bagian luar, termasuk ventilasi dengan air hangat dan kain lembut. Lalu keringkan bagian luarnya.

g. Pasang kembali unit AC. setelah semuanya bersih dan kering, pasang kembali unit AC portable.

BACA JUGA:Ac Portable menjadi solusi kebutuhan Anda saat cuaca panas ekstrim!

4. Simpan AC Portable

a. Pilih lokasi

Sebaiknya simpan AC portable di lingkungan yang kering dengan suhu normal. Meskipun gudang atau garasi yang tidak memiliki pemanas mungkin cocok, ruang bawah tanah, loteng, atau ruang utilitas mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.

b. Siapkan ruangan

Kosongkan ruang untuk unit AC sehingga tidak ada yang bersandar atau bertumpu di atasnya.

c. Tempatkan pada posisi yang benar

Pada saat menyimpan unit portable saat musim dingin, pastikan untuk meletakkannya ada posisi yang tegak. Jangan memiringkannya atau meletakkannya miring karena itu akan merusak kompresor.

d. Tambahkan aksesori

Pastikan untuk menyimpan selang ventilasi, ventilasi, jendela/pintu, sekrup, segel, dan aksesori lainnya bersama unit.

e. Tutupi Unit

Untuk mencegah debu masuk ke dalam unit selama disimpan, letakkan di dalam kotak aslinya atau tutup dengan terpal atau kantong.

BACA JUGA:4 Langkah Mencuci Ac Dinding Sendiri di Rumah Seperti Teknisi Profesional, Jadi Dingin dan Hemat Listrik!!

Itulah informasi terkait cara menyimpan AC Portable dengan benar di rumah, agar tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: