Simak Cara Merawat AC Portable dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet!

Simak Cara Merawat AC Portable dengan Baik dan Benar Agar Tetap Awet!

Cara Merawat AC Portable--

DISWAY JOGJA- AC portabel menjadi pilihan bagi sebagian besar orang yang memiliki ruangan rumah tidak terlalu besar. Karena fungsinya untuk memberikan kesejukan ruangan, maka sangat cocok dimiliki.

Kelebihan yang dimiliki AC portable ini yaitu dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain. Sehingga terserah Anda untuk ditempatkan di ruang mana untuk mendapatkan kesejukannya.

Namun perlu diketahui pada saat merawat AC portable ini agar tidak asal-asalan. Anda harus bisa merawatnya dengan baik dan benar supaya AC ini tetap awet.

Artikel ini akan memberikan informasi terkait cara merawat AC portable yang baik dan benar. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Keliru! Begini Cara Membersihkan AC Portable Dengan Benar

Penggunaan alat pendingin ruangan jenis portable tentunya harus secara bijak, tidak asal-asalan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dari AC.

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan pada saat merawat AC portable. Agar dapat selalu terjaga dan terawat dengan baik dan benar.

1. Bersihkan

Hal terpenting lainnya untuk menjaga AC portable agar tetap dalam kondisi baik yaitu dengan teratur membersihkannya. Anda dapat membersihkannya pada area yanng perlu diperikas dan dibersihkan secara rutin.

2. Pencucian Filter

Filter yang dapat dicuci dibilas dengan air hangat atau deterjen ringan, kemudian biarkan kering sebelum dipasang kembali pada unit AC.

Sedangkan untuk Filter karbon dan antimikroba, dapat dibuang dan diganti. Biasanya filter ini dijual terpisah, namun dapat membantu menghilangkan bau, asap, jamur dan lainnya selain untuk membantu mendinginkan area tersebut.

BACA JUGA:Hemat Uang Servis! Ini 5 Cara Merawat Smart TV Supaya Kinerjanya Tetap Maksimal

3. Menyedot Debu atau Kotoran Menumpuk pada Ventilasi

Aliran udara keseluruhan unit AC akan terhambat apabila banyaknya partikel yang tersangkut didalamnya. Bukan hanya menyebabkan penurunan efisiensi secara menyeluruh, tetapi juga dapat membuat unit bekerja terlalu keras dan kemudian dapat mengakibatkan masa pakai alat lebih pendek.

Karena itu, untuk mencegahnya Anda disarankan untuk membersihkan ventilasi setidaknya satu bulan sekali selama beberapa bulan dalam penggunaan tinggi.

4. Menyeka AC Portabale dengan Kain Lembap 

Dengan menyeka AC portable menggunakan kain yang lembap, maka akan membantu Anda dalam menjaga umur AC portable secara keseluruhan.

BACA JUGA:3 Harga AC Aqua 1/2 PK Low Watt, Simak Spesifikasi dan Fitur Yang Ditawarkan!

 

5. Luruskan Selang Pembuangan

Untuk memastikan efisiensi maksimum, Anda tidak boleh mencoba memanjangkan selang pembuangan dan harus dibuat sependek mungkin.

Hal ini sangat penting untuk memelihara dan pengoperasian AC yang tepat. Ia harus tetap lurus tanpa tertekuk atau terpuntik pada saat mengeluarkan udara panas, baik melalui jendela, pintu geser, atau drop ceilling.

Dengan menjaga selang tetap lurus dan pendek, akan mencegah kelebihan uap air yang menumpuk, yang dapat menembus ke dalam dan mengakibatkan kerusakan internal pada AC.

 

6. Tutup Pintu

Apabila AC tersebut Anda letakkan pada kamar tidur, maka pastikan untuk menutup pintu kamar. Ini karena AC portable akan bekerja secara optimal di ruang tertutup. Sehingga udara hangat yang berlebih tidak akan masuk, dan udara dingin akan bersirkulasi.

Letakkanlah pendingin ruangan pada sudut ruangan yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Baiknya jika diletakkan dekat dengan jendela ventilasi atau pada sudut ruanagn yang paling sejuk agar Ac tidak terlalu panas.

Sangat mudah untuk merawat AC portable dengan baik dan benar, lakukanlah tahapan perawatan sehingga AC yang Anda miliki dapat bekerja dengan baik dan awet.

BACA JUGA: AC di Rumahmu Merusak Interior? Terapkan 6 Tips Ini Untuk Membuatnya Nampak Tersembunyi

Itulah tadi informasi terkait cara merawat AC portable dengan baik dan benar. Pastikan anda mencobanya di rumah. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: