Tempat Wisata Religi di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Religi di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Religi di Jogja--

Masjid ini beralamat di Kauman, Desa Tirtonirmolo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Jogja.

Masjid Mlangi

Kompleks Masjid ini dapat dikunjungi oleh peziarah untuk masuk ke makam patih pertama Kerajaan Yogyakarta yaitu Patih Danureja I. Masjid ini berlokasi di Dusun Mlangi, desa Nogotirto, Gamping, Sleman Jogja dan dikenal sebagai Masjid Jami'Mlangi.

Masjid ini didirikan sebagai penghargaan dari Sultan HB I terhdap Raden Sandiyo atau Kyai Nur Iman sebagai kakaknya.

BACA JUGA:9 Wisata Yogyakarta Penuh Sejarah! Yuk Simak Destinasi Menariknya!

Masjid Wonokromo

Merupakan satu-satunya Masjid yang semula tidak berstatus Pathok Negara. Karena masjid ini merupakan perluasan dar Masjid Babadan.

Masjid ini didirikan di Desa Womokromo, desa perdikan yang diberikan oleh Sultan HB I kepada Kyai Hj Muhammad Fakih atau Kyai Welit. Beliau merupakan guru sekaligus kakak ipar Sultan HB I.

2. Masjid Agung Kotagede

Dibangun pada 1571-160 M atau pada masa pemerintahan panembahan Senopati. Tetapi, beberapa sumber lain menyebutkan masjid ini dibangun oleh Sri Sultan HB I.

Dapat dilihat dari prasasti Arab dan bahasa Jawa yang terdapat di masjid tersebut, yang merangkan bahwa masjid ini didirikan pada hari Ahad Kliwon tanggal 6 Rabiulakhir 1188H.

Dalam masjid ini terdapat banyak pohon yang tumbuh di plataran masjid, sehingga suasana tempat bersejarah ini sangat sejuk. Selain itu juga terdapat area makam yang dikelola Keraton Solo dan Keraton Yogyakarta.

Ada sebuah lubang yang dipercaya masyarakat sekitar sebagai tempat masuk pemakaman Ki Ageng Mangir Wonoboyo, karena jenazahnya tidak diperkenalkan masuk ke gapura. Hal ini karena Ki Ageng Munir merupakan musuh, namun dalam keluarga diterima sebagai menantu Penembahan Senopati.

Tentunya Masjid Agung Kotagede ini dapat menjadi pilihan Anda sebagai tempat wisata religi untuk mendapatkan ketenangan batin juga pengetahuan sejarah.

BACA JUGA:Petualangan Eksotis Negeri di Atas Awan, Gunung Telomoyo 1.894 Mdpl

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: