Lebih Bagus mana? Smart TV atau Android TV, Simak ulasannya disini!

Lebih Bagus mana? Smart TV atau Android TV, Simak ulasannya disini!

Smart TV atau Android TV--

DISWAY JOGJA - Mungkin Anda pernah mendengar pertanyaan tentang apakah Smart TV atau Android TV lebih baik? Sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan dari segi desain fisik, namun tentunya terdapat perbedaan dari segi teknologi dan fungsinya.

Agar tidak salah pilih saat menentukan TV mana yang terbaik untuk Anda dan keluarga di rumah, ada baiknya Anda memperhatikan panduan di bawah ini :

1. Perhatikan aplikasi pendukung TV

Panduan pertama adalah: Apakah Anda memerlukan aplikasi khusus untuk menikmati TV? Jika demikian, Android TV lebih dapat diandalkan karena AppLibrary terdapat Google PlayStore. Pengguna dapat memilih aplikasi favoritnya untuk menonton film dan video. Anda dapat menemukan semuanya mulai dari YouTube hingga Netflix.

Termasuk pengoptimalan platform. Di sisi lain, smart TV terkadang menggunakan sistem operasi lain, sebagian besar adalah fitur yang diinstal dari pabrik dengan aplikasi yang cukup terbatas. Meski tidak selengkap Android TV, Anda tetap bisa menikmati layanan streaming di Netflix, YouTube, dan Prime Video dengan smart TV. 

BACA JUGA:Simak Keunggulan Xiaomi TV Stick 4K, Perangkat yang Bisa Merubah TV Biasa Menjadi Smart TV

2. Smart TV atau Android TV dalam penggunaan Screen Mirroring

Selanjutnya kita akan membahas tentang screen mirroring yaitu menghubungkan layar ke smartphone. Di sinilah Android TV mendapat manfaat dari fungsionalitas Chromecast bawaan.

Artinya Anda tidak perlu menginstal program tambahan untuk ini. Ini berbeda dengan smart TV, yang memerlukan aplikasi tambahan untuk digunakan dan mengeluarkan biaya tambahan Anda, bahkan terkadang smart TV jenis atau merek tertentu tidak memiliki fitur screen mirroring ini. 

3. Apakah ada Voice Assistant?

lebih bagus Smart TV atau Android TV, bisa juga dilihat dengan adanya Voice Assistant. Fitur ini memungkinkan pengguna mengontrol TV dengan perintah suara tanpa harus menggunakan remote control.

Android TV dilengkapi dengan Google Assistance dari Google. Apakah Smart TV juga memiliki fitur ini? Meski tidak semua memilikinya, merek tertentu ada yang memiliki voice control. Khususnya untuk TV kelas menengah, namun dari segi penggunaan dan fungsinya, belum selengkap fitur Google Assistant. Berbeda dengan Android TV yang hampir ada di semua lini.

4. Update aplikasi dan sistem operasi

Jika poin kedua mengenai pilihan koleksi aplikasi, maka poin keempat  lebih baik terkait program dan pembaruan sistem operasi untuk Smart TV atau Android TV.

Pembaruan Smart TV cukup panjang dan rumit. Berbeda dengan Android TV karena dapat diperbarui secara otomatis. Berisi berbagai aplikasi. Begitu juga dengan konektivitas dengan WiFi, Android TV dapat melakukannya dengan baik.

BACA JUGA:Simak! Perbedaan Smart TV dan Android TV yang perlu disoroti, Jadi Seperti Ini yah Perbedaannya?

5. Lebih bagus Smart TV atau Android TV - layanan purna jual

Selain fitur TV, layanan purna jual juga harus Anda perhatikan. Baik Smart TV maupun Android TV menawarkan layanan ini. Misalnya garansi yang diberikan, perawatan jika terjadi masalah dan harga jual kembali.

Umumnya harga Smart TV relatif lebih stabil karena mudah digunakan dan sedikit perawatan.

 

Kesimpulan

Berdasarkan review Smart TV dan Android TV, kedua jenis TV ini sebenarnya hampir sama dan tidak ada perbedaan yang berarti di antara keduanya. Selain itu, keduanya sama-sama bagus.

Satu hal yang cukup jelas adalah Android TV menawarkan lebih banyak fitur dan aplikasi. Di sisi lain, Smart TV lebih mudah digunakan berkat fungsinya yang minim.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Beli! Simak Dahulu 7 Perbedaan Smart TV dan Android TV

Antarmuka pengguna dan kinerjanya lebih cepat dibandingkan Smart TV. Apa pun yang Anda pilih, pastikan itu memenuhi kebutuhan Anda. Lalu, yang tak kalah penting adalah membeli dari tempat yang terpercaya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: