AC Terus Menyala Sepanjang Hari, Apa Tidak Bahaya? Begini Penjelasan serta Tips Merawatnya

AC Terus Menyala Sepanjang Hari, Apa Tidak Bahaya? Begini Penjelasan serta Tips Merawatnya

Tips merawat AC yang nyala seharian penuh supaya awet dan tidak mudah rusak--

DISWAY JOGJA - Akhir-akhir ini, udara di sekitar terasa sangat panas dan membuat badan serasa diguyur keringat. Produk pendingin udara seperti AC maupun kipas angin menjadi solusi bagi banyak orang.

AC adalah satu dari sekian alat elektronik rumahan yang cukup banyak digunakan masyarakat untuk mendinginkan ruangan terlebih di masa sekarang yang jika siang hari terasa seperti berdiri dibawah matahari.

BACA JUGA: 10 AC Samsung Terbaru dan Harganya, Pendingin Ruangan yang Efisien dan Nyaman, Kamu Wajib Coba!

Cuaca panas yang hampir merata di kota-kota besar Indonesia membuat pemakaian produk pendingin ruangan seperti AC ini meningkat drastis.

Tidak hanya pada siang hari, malam hari pun suasana masih terasa panas yang membuat intensitas AC dipakai akan terus meninggi.

BACA JUGA: Murah Banget! 5 Rekomendasi AC Portable 1/2 PK di harga 1 jutaan, Nomor 3 Paling Dicari!

Hal ini tentu menimbulkan pertanyaan di benak beberapa orang, memang boleh AC dibiarkan menyala seharian penuh?

Suhu udara di Indonesia terutama kota-kota besar berada di rata-rata 27 derajat celcius. Sedangkan suhu paling rendahnya ada di kisaran angka 24 derajat celcius dan 35 derajat celcius di angka paling tingginya.

Menanggapi hal tersebut, tidak heran jika banyak orang memilih untuk menyalakan produk pendingin ruangan seperti AC ini untuk menyejukkan ruangan rumah.

BACA JUGA: 10 Penyebab AC Bocor dan Cara Mengatasinya, Yuk Simak Penjelasannya!

Menyalakan AC secara seharian penuh sebenarnya tidak masalah, meskipun beberapa pabrikan ada yang menyarankan untuk sesekali memberi waktu istirahat supaya mesinnya tetap terjaga.

Komponen paling penting dari alat pendingin ruangan ini adalah Kompresor. AC milikmu bisa dinyalakan seharian penuh karena kompresor didalamnya tidak bekerja secara konstan. Entah itu pada tipe standar maupun inverter.

Kompresor pada AC akan secara otomatis hidup dan mati selama waktu pendinginan untuk mencapai suhu yang sudah ditentukan. Umumnya, siklus tersebut ada di antara 15 hingga 20 menit perjamnya.

Meskipun begitu, kompresor pada AC yang dinyalakan selama 10 jam per hari berisiko berumur pendek daripada yang hanya menyala antara 3 hingga 5 jam perharinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: