Bingung Beli AC atau Kipas Angin? Simak ini Perbandingan Lengkapnya!

Bingung Beli AC atau Kipas Angin? Simak ini Perbandingan Lengkapnya!

AC dan Kipas Angin - 2 barang elektronik yang sering bikin pembeli bingung-Disway-Foto Pribadi

DISWAYJOGJA.ID - Ketika musim panas tiba dan suhu udara meningkat, kipas angin dan AC (Air Conditioner) menjadi barang yang sangat dibutuhkan untuk membuat kondisi suatu ruangan lebih nyaman. Seringkali calon pembeli dibuat bingung untuk membeli salah satu diantaranya keduanya. Mengingat kipas angin maupun kulkas sama-sama memiliki fungsi yang hampir sama.

Nah, sebelum memutuskan membeli, baiknya pertimbangkan dahulu kegunaan, kekurangan, dan kelebihan kipas angin ataupun AC. Hal ini penting agar nantinya pembeli dapat mendapatkan barang seseorang yang diinginkan.

Jika kamu termasuk seseorang yang masih bimbang untuk membeli salah satunya, berikut perbandingan lengkap kipas angin dan AC yang bisa dipertimbangkan. Selamat membaca!

BACA JUGA:Ingin Kulkas Lebih Tahan Lama? Lakukan 7 Tips ini untuk Merawatnya dengan Baik

1. Kipas Angin

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan kipas angin yang dapat kamu pertimbangkan

Kelebihan kipas angin

- Biaya operasional yang lebih murah.

Seperti yang diketahui, kipas angin menggunakan daya listrik yang lebih sedikit dibandingkan dengan AC, sehingga biaya operasionalnya pun lebih rendah dan ramah dikantong pengguna.

- Pemasangan dan penggunaan mudah 

Kipas angin umumnya mudah dipasang dan digunakan. Pengguna hanya perlu memasukkan steker ke sumber listrik dan kemudian mengatur suhu dan tingkat kecepatan kipas sesuai kebutuhan. Sangat mudah bukan?

- Menghadirkan udara segar

Seperti fungsinya, kipas angin membantu menggerakkan udara di sekitar ruangan untuk memberikan sensasi suhu yang lebih segar dan membantu mengurangi rasa pengap, panas, ataupun lembap.

Kekurangan kipas angin:

Dibalik kelebihannya, kipas angin juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu kamu ketahui, diantaranya;

- Tidak mendinginkan ruangan

Tahukah kamu? Kipas angin hanya menggerakkan udara, tetapi tidak mendinginkan suhu ruangan. Jadi, jika suhu udara di luar sangat panas, kipas angin mungkin tidak bisa memberikan kenyamanan yang cukup. Tetapi itu bukan suatu masalah jika kamu tidak memerlukan suhu dingin yang berlebihan.

- Tidak mengurangi kelembapan

Kipas angin tidak memiliki kemampuan untuk mengurangi kelembapan ruangan. Jadi, jika daerah tempat tinggal kamu memiliki kelembapan yang tinggi, kipas angin mungkin tidak memberikan manfaat yang optimal.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kipas Angin cuma 100 Ribuan, Anti Gerah dan Super Awet!

Setelah mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan kipas angin, alangkah lebih baik mengenal lebih dalam tentang AC untuk mengetahui manakah diantara keduanya yang terbaik. 

2. AC (Air Conditioner)

AC merupakan suatu perangkat pendingin ruangan yang dapat mengatur suhu ruangan sesuai keinginan. AC sebetulnya adalah mesin yang dirancang khusus untuk memberikan sensasi dingin dan sirkulasi yang baik pada suatu ruangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan AC yang perlu diketahui;

Kelebihan AC:

- Kemampuan mendinginkan ruangan yang lebih optimal

AC dapat menurunkan suhu ruangan sesuai dengan preferensi pengguna. Terlebih lagi, dengan penggunaan teknologi terbaru, AC kini juga dapat mengontrol kelembapan dan sirkulasi udara supaya sesuai dengan yang 

- Menyaring udara

Jarang diketahui, AC dilengkapi dengan filter yang membantu menyaring debu, polusi, dan alergen di udara, sehingga meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih baik.

- Regulasi kelembapan

AC modern dilengkapi dengan fungsi pengaturan kelembapan, yang membantu menjaga tingkat kelembapan udara lebih sehat dalam suatu ruangan ruangan.

BACA JUGA:7 Rekomendasi AC 1 PK Terbaik 2023: Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Kekurangan AC:

- Biaya operasional lebih tinggi

AC menggunakan lebih banyak daya listrik dibandingkan dengan kipas angin, sehingga biaya operasionalnya juga lebih tinggi alias mahal.

- Pemasangan yang rumit

Pemasangan AC membutuhkan pengetahuan teknis dan biasanya memerlukan bantuan teknisi. Hal ini bisa menambah biaya dan membutuhkan waktu yang lebih. Pengguna perlu mengundang tenaga khusus untuk memasang barang elektronik yang satu ini.

- Membutuhkan perawatan yang rutin

AC perlu dirawat secara rutin, seperti membersihkan filter secara berkala, melakukan pemeriksaan tahunan oleh teknisi, dll. Perawatan ini dilakukan untuk memastikan AC tetap dalam keadaan baik.

 

Dalam memilih antara kipas angin maupun AC, kamu juga perlu mempertimbangkan faktor-faktor seperti anggaran, ukuran ruangan, tingkat kelembapan, dan preferensi pribadi. Bila berada di daerah dengan suhu udara yang tidak terlalu panas, mungkin kipas angin akan menjadi pilihan yang lebih baik. AC juga bisa  menjadi pilihan baik jika kamu menginginkan suhu lebih dingin.

Nah kesimpulannya, pilihan antara kipas angin dan AC tergantung pada kebutuhan dan preferensi calon pembeli. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: