Per Juli 2023, BTN Salurkan KUR Rp824 Miliar, Lompat 148 Persen!

Per Juli 2023, BTN Salurkan KUR Rp824 Miliar, Lompat 148 Persen!

bank btn salurkan kur--

DISWAY JOGJA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) terus menggalakkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR). Tercatat penyaluran KUR mencapai Rp 824 miliar pada Juli 2023, meningkat 148% dibandingkan Juli 2022.

Sekjen BTN Ramon Armando menjelaskan hingga Juli 2023, sebagian besar KUR yang disalurkan BTN  disalurkan kepada pihak-pihak tertentu.

BACA JUGA:Rahasia Dapatkan Saldo DANA 1 Juta Hanya dengan Instal Aplikasi Ini!

BACA JUGA:10 Pinjol Cepat Cair Legal OJK di Tahun 2023, Cair Dalam 24 Jam!

Sektor seperti sektor komersial mencapai Rp351,4 miliar atau 42,64% dan sektor konstruksi mencapai Rp240,9 miliar atau 29,23%.

Ia mengatakan dalam Bisnis, Selasa (12 September 2023), “Penyaluran KUR ke sektor produksi di atas 50 persen atau sebesar 57,36 persen dan untuk sektor nonproduksi sekitar 42,64 persen,” Ujarnya.

Selanjutnya, pada posisi Juli 2023, pemulihan kredit bermasalah (NPL) KUR relatif terkendali yaitu kurang dari 1% atau 0,54%, lebih baik dibandingkan rasio NPL bulanan KUR 12 tahun 2022 sebesar 0,78%.

 Menyikapi permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk terus mendorong pendanaan bagi usaha mikro, kecil,dan menengah (UMKM) naik kelas, BTN punya beberapa strategi untuk mencapai target KUR 2023. Catch Start dengan insentif penjualan.

BACA JUGA:10 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Mengajukan KUR Mandiri

BACA JUGA:Butuh Modal Usaha? Simak! Tabel KUR Bjb, Plafon Hingga Rp 100 Juta, Cek Panduannya Disini!

Program, cross-selling tabungan dan debitur KPR, grup agen komersial QRIS/EDC, kerjasama dengan mitra pembangunan/program ekosistem usaha swasta/BUMN.

Selain itu, BTN juga mengikuti program referral ke unit kerja lain, program penyaluran KUR di ekosistem dan pasar perumahan, serta memperluas saluran KUR seperti pengiriman KUR melalui  Cabang Pembantu (KCP)  Unit UMKM.

Mitra, kirimkan KUR melalui BTN Properti, serta mitra e-commerce.

Bahkan, Bank BTN telah mengembangkan Credit Rating Model (CSM) dan alat pengambilan keputusan yang akan segera diterapkan agar penyaluran KUR bisa lebih cepat dan berkualitas.

BACA JUGA:Anti Ribet dan Tanpa Biaya Admin! 8 Cara Pembayaran Kredit Pintar Lewat Alfamart

BACA JUGA:Terjerat Pinjol Ilegal? Inilah 6 Tindakan Darurat yang Harus Anda Lakukan!

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong pendanaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan sistem credit rating di sisa masa jabatan kakeknya.

“Sesuai ketentuan KUR Mikro tanpa agunan, sedangkan untuk semua penyaluran KUR tanpa agunan, bank akan mengikuti sesuai ketentuan dari regulator namun diharapkan tidak menimbulkan moral hazard,” ujarnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: