Tips Cek Shutter Count Kamera DSLR dan Batas Maksimalnya, Simak 3 Langkahnya!

Tips Cek Shutter Count Kamera DSLR dan Batas Maksimalnya, Simak 3 Langkahnya!

Cek shutter count dslr--Shot ig

Pada PC Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melihat data EXIF. Anda bisa menggunakan PC jenis Windows atau Mac untuk cek shutter count. Beberapa aplikasi yang cukup direkomendasikan terdiri dari:

- EOS Info yang cocok untuk kamera DSLR dari merek Canon. Aplikasi ini gratis dan bisa digunakan kapan saja. Cara kerjanya juga sederhana dengan hanya memasukkan file RAW dan hasilnya langsung keluar.

- Opanda IExif Viewer. Aplikasi ini digunakan untuk mengetahui data EXIF dari semua foto yang dihasilkan berbagai kamera. Programnya gratis dan bisa digunakan pada PC dengan OS Windows.

- Simple EXIF Viewer bisa dipakai pada Mac secara gratis. Selanjutnya ada iExifer yang memilih harga 30 ribu dan berfitur lebih premium.

Batas Maksimal Shutter Count

Jumlah maksimum rana/shutter count berbeda-beda, bergantung pada kamera. Ada batas atas dan bawah yang signifikan. Setiap merek mungkin menentukan jumlah batas rana yang berbeda.

Ambil contoh kamera Canon yang banyak digunakan oleh para fotografer. Kamera ini biasanya membatasi jumlah pemicu hingga sekitar 100.000 penggunaan. Namun, beberapa serial hanya memiliki 50.000 episode.

Umumnya jumlah penutup jendela berkisar antara 50.000 hingga 100.000 kali. Jika nilai ini tinggi, Anda mungkin mengalami masalah saat menjepret foto. Oleh karena itu, saat membeli kamera bekas, sangat penting untuk mengecek jumlah shutter terlebih dahulu.

Demikianlah cara mengetahui jumlah shutter count pada kamera DSLR. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: