8 Obat Gatal Tradisional, Bagi Anda Yang Terjangkit Gatal-gatal Ini Solusinya!

8 Obat Gatal Tradisional, Bagi Anda Yang Terjangkit Gatal-gatal Ini Solusinya!

gatal-gatal--pixabay

Gigitan serangga seperti nyamuk, kutu, atau tungau dapat menyebabkan kulit merasa gatal dan iritasi.

Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Gatal-Gatal

Meskipun ramuan tradisional mungkin membantu meredakan gatal-gatal ringan, tetapi sebaiknya diingat bahwa hasilnya bisa bervariasi dari individu ke individu. Berikut beberapa obat tradisional yang mungkin dapat membantu mengatasi gatal-gatal:

1. Daun Kemuning

Daun kemuning dikenal memiliki sifat antiradang dan dapat membantu mengurangi gatal-gatal pada kulit. Rebus daun kemuning hingga mendidih, lalu gunakan air rebusan untuk mandi atau mengompres area yang gatal.

2. Kunyit dan Minyak Kelapa

Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat antiinflamasi. Campurkan kunyit bubuk dengan sedikit minyak kelapa hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada area yang gatal dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat.

3. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat penyembuhan dan menenangkan kulit. Ambil gel segar dari daun lidah buaya dan oleskan secara langsung pada kulit yang gatal. Biarkan beberapa saat sebelum membilasnya.

4. Jahe

Jahe memiliki sifat antiinflamasi alami yang dapat membantu meredakan rasa gatal. Rebus potongan jahe dalam air, dan gunakan air rebusan untuk mandi atau mengompres kulit yang gatal.

5. Kulit Manggis

Kulit manggis mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan kulit. Rebus kulit manggis dalam air, lalu gunakan air rebusan untuk mengompres area gatal.

6. Daun Sirih

Daun sirih mengandung sifat antiseptik dan antiinflamasi. Daun sirih bisa direbus dan air rebusannya digunakan untuk mandi atau mengompres kulit yang gatal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: tips kesehatan