Kesehatan Digital: Mengelola Dampak Kesehatan Teknologi dalam Era Modern

Kesehatan Digital: Mengelola Dampak Kesehatan Teknologi dalam Era Modern

--

DISWAY JOGJA Teknologi digital telah mengubah cara kita berinteraksi, bekerja, dan berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Perkembangan Teknologi digital juga telah membawa perubahan revolusioner dalam cara kita berinteraksi dengan dunia.

Namun, dengan segala inovasi dan kenyamanannya, teknologi digital juga membawa dampak yang signifikan terhadap kesehatan kita.

BACA JUGA: 7 Dampak Sugesti Berlebihan terhadap Kesehatan Mental

Dalam artikel ini, akan diulas beberapa dampak kesehatan teknologi digital dalam era modern serta memberikan tips untuk mengatasi pengaruhnya.

Dampak Terhadap Kesehatan Fisik

1. Sedentarisme

Penggunaan teknologi seringkali memicu pola hidup yang lebih sedentari. Lama duduk di depan layar dapat berkontribusi pada masalah kesehatan seperti obesitas, masalah postur, dan risiko penyakit jantung.

2. Masalah Mata

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di depan layar dapat menyebabkan kelelahan mata, ketegangan, dan bahkan masalah penglihatan jangka panjang.

3. Gangguan Tidur

Paparan cahaya biru dari layar gadget dapat mengganggu ritme sirkadian kita dan menyebabkan gangguan tidur. Penggunaan gadget sebelum tidur dapat menghambat kemampuan kita untuk tertidur dengan nyenyak.

Dampak Terhadap Kesehatan Mental dan Emosional

1. Kecanduan Teknologi

Terlalu banyak terlibat dalam media sosial, permainan online, atau konsumsi konten digital dapat menyebabkan kecanduan teknologi, mengganggu keseimbangan hidup dan kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: