Rekomendasi! 5 Kuliner Mantap Di Kota Solo, Wajib Mampir Jika Berlibur Ke Solo

Rekomendasi! 5 Kuliner Mantap Di Kota Solo, Wajib Mampir Jika Berlibur Ke Solo

--

 

DISWAY JOGJA-Solo menjadi kota yang memiliki berbagai destinasi wisata dan kuliner yang tak pernah habis.Solo sangat terkenal dengan berbagai kuliner nikmatnya yang sangat candu untuk terus dinikmati kelezatanya. Berikut adalah 5 Rekomendasi tempat wisata kuliner yang wajib anda kunjungi pada saat berlibur ke Kota Solo.

1. Serabi Notosoman

Wisata Kuliner solo yang sudah sangat terkenal sejak dulu kala adalah Serabi Notosuman yang sudah mulai operasi sejak 1923

bagi para penududk asli solo dan beberapa wisatawan yang pernah ke solo srabi notosuman menjadi oleh oleh yang enak dan lezat. Panganan yang terbuat dari campuran tepung beras dan santan. Kemudian, adaonan tersebut dicetak dengan menggunakan santan dengan tungku-tungku dan cetakan kecil.

BACA JUGA:5 Penginapan Budget 100 Ribuan Di Jogja, Dijamin Nyaman Dan Super Estetik!

Varian rasa dari Srabi Notosuman sendiri mempunyai rasa polos dan coklat. Stu porsinye berisi sepuluh buah.lamat srabi notosoman asli solo ini beralamat di Jalan Mohammad yamin no 28.

2. Soto Gading

oto Gading di Jalan Brigadir Jenderal Sudiarto No. 75 Pasar Kliwon — atau tepatnya di sekitaran alun-alun selatan Keraton Solo — bisa jadi pilihan tepat. Nasi dengan mie soon dan suwiran daging ayam yang disiram kuah bening kaya aroma rempah ini dijamin akan membuat pagi harimu lebih bersemangat.

Telur puyuh, sosis, tempe goreng, jeroan sapi, perkedel kentang, sate uritan, bakwan; berbagai lauk-pauk yang tersaji di meja menjadikan momen sarapan sotomu jadi lebih meriah. Warung Soto Gading sudah ramai pembeli sejak buka jam 6 pagi. Warung ini juga jadi langganan pejabat lho. Beberapa yang pernah mampir antara lain: Joko Widodo, Megawati, Agum Gumelar, dan Mari Elka Pangestu.

BACA JUGA:Banyak Peminat: Inilah 5 Hotel Murah di Dekat Stasiun Yogyakarta!

3. Cambu Rambak Solo

Belum lengkap rasanya jika sudah berkunjung ke Solo, namun tidak mencicipi salah satu kuliner yang legendaris di Kota Budaya ini. Yakni Cabuk Rambak. Selain namanya, bahan baku kuliner ini juga nampak unik.

 

Cabuk Rambak berasal dari kata “Cabuk” dan “Rambak”. Cabuk mengacu pada wijen yang merupakan bahan utama sausnya. Sedangkan Rambak adalah krupuk yang terbuat dari kulit sapi atau kerbau, dulunya cabuk rambak ini memang dihidangkan bersama krupuk kulit atau rambak namun karena harga rambak semakin mahal maka krupuk kulit ini diganti dengan krupuk nasi (karak) yang kemudian krupuk nasi ini juga disebut dengan nama “Rambak”.

Makanan tradisional ini memang tergolong mulai langka di Kota Solo. Hanya ditempat kuliner maupun dipasar-pasar tradisional yang akan dapat kita jumpai kuliner ini. Isi utama kuliner ini yakni ketupat  yang diletakkan pada pincuk daun pisang, kemudian disiram dengan saus wijen kelapa khas Kota Solo dan disantap dengan karak atau rambak. Dengan rasa yang lezat, kuliner ini harganya pun terjangkau.

4. Timlo

Di Kota Solo, kita akan bertemu dengan banyak penjual timlo yang jadi incaran wisatawan maupun warga lokal.

Timlo sendiri merupakan sup ayam kuah bening khas Solo yang berisikan sosis solo, telur pindang, ati, dan ampela.

Hidangan berkuah yang hangat dan segar ini cocok dinikmati sebagai menu sarapan atau makan malam yang nikmat.

5. Tengkleng Pak Manto

Kedai Tengkleng ini sudah berdiri sejak 25 tahun lalu. Penikmatnya selalu banyak dari dulu hingga sekarang karena rasanya yang mantap.

Uniknya, untuk menjaga rasa tengkleng rica di sini sang penjual tetap menggunakan cara memasak seperti zaman dulu yakni menggunakan arang. Sensasi menyantap tengkleng rica-rica Pak Manto sangat unik karena saat menghisap sumsum tulang, pengunjung juga bisa merasakan gurih, manis, dan pedasnya bumbu rica-rica. Bahkan saat mencicipi kuliner ini banyak pengunjung yang bercucuran keringat karena bumbu rica-rica yang pedas.

BACA JUGA:5 Penginapan Budget 100 Ribuan Di Jogja, Dijamin Nyaman Dan Super Estetik!

Itulah rekomendasi makanaan khas solo dan wajib kamu kunjungi karena memiliki rasa yang khas dan sangat lezat.***

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: