Apple Merencanakan Perombakan Besar 'Watch X' untuk Peringatan 10 Tahun Perangkat

Apple Merencanakan Perombakan Besar 'Watch X' untuk Peringatan 10 Tahun Perangkat

Apple Watch--blooberg.com

DISWAY JOGJA – Jam tangan pintar Apple berikutnya diharapkan menjadi peningkatan kecil. Namun, di belakang layar, perusahaan sedang mengerjakan pembaruan "Watch X" yang diperbarui untuk peringatan 10 tahun perangkat tersebut.

BACA JUGA:Apple Kembangkan Teknologi AI Mirip ChatGPT

Apple Merilis Apple Watch Baru

Apple Inc. sedang merencanakan pemutakhiran yang heboh untuk jam tangan pintarnya, tetapi Anda tidak akan melihatnya tahun ini. Model 2023, yang akan dirilis bulan depan, akan menjadi penyegaran kecil — jenis pembaruan tambahan yang menjadi ciri produk dalam beberapa tahun terakhir.

Di dalam Apple, para eksekutif telah mempertimbangkan gagasan untuk beralih dari siklus pemutakhiran tahunan yang lambat namun stabil ini. Pertimbangannya belum terlalu jauh (Apple telah dengan patuh merilis jam tangan baru setiap tahun sejak kategori tersebut memulai debutnya pada tahun 2015), tetapi pembaruan terkini pada perangkat menggaris bawahi mengapa ini bahkan menjadi diskusi.

Perubahan Apple Watch

Berbeda dengan iPhone, perubahan pada Apple Watch utama cukup kecil setiap tahun. Tahun lalu, tambahan utama model Seri 8 adalah sensor suhu tubuh. Tahun sebelumnya, perubahan besar adalah tampilan yang lebih besar. Dan tahun sebelumnya menandai kali terakhir Apple meningkatkan kinerja perangkat, saat meluncurkan Seri 6 dengan chip yang lebih cepat dan pembaca oksigen darah.

BACA JUGA:Gara-gara Ini Apple Naikan Harga iPhone 14

Faktanya adalah, Apple tidak memberikan banyak alasan kepada konsumen untuk membeli jam tangan baru di setiap generasi. Perusahaan memang meluncurkan Apple Watch Ultra baru yang mengesankan tahun lalu yang mendorong peningkatan di kelas atas, tetapi 2023 akan (sekali lagi) menjadi tahun yang tidak penting.

Apple diatur untuk mengungkap jajaran Apple Watch Series 9 bersama iPhone terbaru di acara yang saat ini dijadwalkan pada 12 September. Jam tangan baru akan tetap berukuran sama dengan model saat ini - pada 41 dan 45 milimeter (atau 49 milimeter untuk Ultra). Perbedaan yang paling mencolok adalah prosesor yang lebih cepat dan warna yang segar.

Dalam hal fitur baru, ini bisa dibilang merupakan peningkatan paling kecil dalam sejarah produk. Jika Anda menghabiskan $ 799 untuk Apple Watch Ultra tahun lalu, kemungkinan besar Anda tidak ingin menggunakan versi ini.

Tentu saja, Apple tidak merilis jam tangan baru secara ketat untuk membuat orang meningkatkan versinya setiap tahun. Perusahaan menambahkan fitur setiap tahun untuk menarik pembeli jam tangan pintar pertama kali atau orang dengan model yang jauh lebih tua. Itu juga berharap untuk menarik pengguna perangkat Samsung dan Fitbit yang dapat dikenakan. 

Oleh karena itu, Apple mungkin akan tetap dengan siklus pemutakhiran setahun sekali, tetapi perusahaan telah membuat perubahan pada jadwal rilis produk lain. Di awal sejarah iPad, itu diperbarui setiap tahun (pada 2012, model andalannya bahkan disegarkan dua kali). Hari-hari ini, iPad utama tidak diperbarui lebih cepat dari setiap 18 bulan atau lebih.

Tapi itu siap untuk berubah. Apple sedang merencanakan model "Tonton X" untuk menandai peringatan 10 tahun perangkat tersebut, dan ini menjanjikan perombakan terbesar. (Kategori ini diluncurkan pada tahun 2014 dan dirilis pada tahun berikutnya, jadi Apple berencana meluncurkan Watch X pada tahun 2024 atau 2025.)

BACA JUGA:Bocoran Detail Peningkatan Desain Utama iPhone 15 Pro, Pecinta iPhone Wajib Tau!

Model Tali Apple Watch

Dengan model X, desainer Apple sedang mengerjakan kotak jam yang lebih tipis dan telah mengeksplorasi perubahan cara pengikatan tali ke perangkat.

Dimulai dengan Apple Watch asli, tali telah meluncur ke sisi sasis dan dipasang dengan mekanisme penguncian. Menjaga desain itu tetap sama membuat band tetap kompatibel dengan model lama dan baru, tetapi memiliki kelemahan. Orang-orang yang terlibat dalam pengembangan Jam Tangan Apple baru mengatakan bahwa sistem ini memakan banyak ruang yang dapat diisi lebih baik dengan baterai yang lebih besar atau komponen lainnya.

Untuk itu, perusahaan telah mengeksplorasi sistem pemasangan pita magnet baru, meskipun tidak jelas apakah itu akan siap atau digunakan dalam perombakan Watch X. Perubahan yang lebih besar juga akan datang: layar microLED yang mengungguli warna dan kejernihan layar OLED saat ini, serta teknologi untuk memantau tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: