Berikut! 5 Cara Membangun Personal Branding Untuk Meningkatkan Karir Anda

Berikut! 5 Cara Membangun Personal Branding Untuk Meningkatkan Karir Anda

--

 

DISWAY JOGJA- Personal Branding menjadi sebuah hal yang penting saat ini untuk melihat peluang karir anda semakin baik. Baik mereka yang bekerja di perusahaan atau perkantoran konvensional, tech-based, hingga freelancing sekalipun, personal branding memang penting dimiliki guna meningkatkan tujuan karir yang dimiliki. kita harus bisa mennagkat skrill internal dan eksternal untuk membangun sebuab personal branding yang baik dan cocok untuk anda. paya internal berarti upaya untuk membangun kualitas personal yang ingin ditampilkan, sedangkan upaya eksternal berarti upaya untuk mempromosikan atau memperkenalkan kualitas personal tersebut kepada audiens.

 BACA JUGA:Simak ini dia 12 Tanda Seseorang Mengalami Trauma di Masa Kanak-Kanak!

terus? bagiamana sih kita harus membangun jiwa personal branding yang seimbang digunkana internal maupun eksternal. Berikut adalah cara tepat membangun personal branding.

1. Kita Harus Bisa Memanfaatkan Banyak Platform

Membangun personal branding zaman sekarang ini Kehadiran teknologi digital benar-benar membantu kamu punya banyak ‘senjata’ powerful yang bahkan dapat digunakan secara gratis, seperti Linkedin, Instagram, Twitter, Medium, dan banyak lainnya.

 

Beragam platform tersebut akan dapat menjadi tool yang cukup ampuh untuk memperluas network sekaligus menjadi media untuk memperlihatkan portofolio. Namun tentu saja, kamu tidak harus menggunakan seluruh platform untuk meningkatkan personal branding. Pilihlah platform sesuai dengan audiens yang ingin kamu raih.  Hal ini lah yang menjadikan bagaimana anda bisa mempelajari semua platform yang harus diaplikasikan oleh anda.

2. Perluas Jaringan Networking

Cara membangun personal branding berikutnya adalah melalui networking. Lewat jejaring pertemanan atau rekanan yang luas, kamu pun akan membuka lebih banyak kesempatan untuk berkembang.

 BACA JUGA:Liburan Makin Seru! Cek 3 Hotel Yogyakarta Terbaik Dekat Malioboro

Kamu tak perlu terpaku hanya ingin berkumpul dengan satu kelompok tertentu saja. Saat bermaksud memperluas networking, kamu juga bisa menambah relasi dari kelompok lain yang memiliki background berbeda.Pasalnya melalui networking, kamu bisa mendapat lebih banyak teman atau rekan untuk berdiskusi atau bekerja. Kamu pun akan memperoleh lebih banyak wawasan dari berbagai sudut pandang yang mungkin tidak pernah kamu sadari sebelumnya.

 

3. Mengasah Keterampilan Dalam Diri Anda

Masih berkaitan dengan dua poin sebelumnya, mengasah keterampilan adalah elemen penting lainnya dalam membangun citra diri. Maksimalkan potensi dalam dirimu dengan melakukan berbagai aktivitas yang mendukung.Kamu dapat mengikuti pelatihan formal maupun online courses yang banyak tersedia. Pilihlah sesuai bidang yang ingin ditekuni dan menjadi branding kamu nantinya.

 BACA JUGA:Simak, 10 Rekomendasi Wisata Gunung Kidul 2023 yang Wajib Anda Kunjungi

Tak lupa, setelah mengikuti pelatihan, terapkan wawasan yang kamu miliki ke dalam bentuk tindakan. Misal, kamu ingin menjadi seorang online marketer yang andal. Mengikuti teori yang disampaikan di ruang latihan saja tentu tidak akan dapat mengukur sejauh mana kesiapan kamu untuk dapat dilihat sebagai seorang online marketer sesungguhnya.

4. Mengenali Lebih Dalam Diri Anda

Beberapa orang yang mengetahui apa yang menjadi bakat, kelebihan, atau keunikan dirinya termasuk orang yang cukup beruntung. Namun, memiliki kemampuan tersebut hanyalah modal awal yang dapat mempermudah langkah selanjutnya. Apabila kamu tidak mengasah modal awal tersebut, maka hal tersebut pun tak akan lantas menjadi personal branding seperti yang kamu harapkan.

 

Sebaliknya, jangan berkecil hati jika kamu termasuk orang yang merasa tidak memiliki kemampuan khusus. Kamu bisa memperkaya informasi mengenai profesi apa yang paling banyak dibutuhkan dan nyaman untuk dilakukan. Tentukan apa yang ingin kamu capai, lalu mulailah membekali diri dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan.

5. Membuat Lebih Banyak Portofolio yang anda miliki.

action speaks louder words. Implementasikan keterampilan kamu dengan lebih banyak portofolio.

Misal, kamu seorang copywriter atau content writer di sebuah perusahaan. Hasil kerja kamu pun hanya akan dilihat orang-orang yang berada di dalam lingkungan kerja tersebut. Apabila ingin berpindah ke perusahaan lain misalnya, kamu akan cenderung memerlukan lebih banyak effort untuk menjelaskan kualitas yang dimiliki.

Hal ini tentu akan berbeda jika kamu mempunyai portofolio yang dapat diakses oleh publik. Dengan juga menulis di blog atau website sendiri misalnya, kamu memberi kesempatan orang di luar kantor untuk mengetahui keterampilan yang kamu miliki.

Itulah 5 ara Membangun Personal Branding Untuk Meningkatkan Karir Anda. Tetap semangat dalam menggapai karir untuk lebih maju dan berkompeten.***

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: