9 Tips Untuk Menghindari Kesalahan Dan Penyesalan Saat membeli Gitar Bass. Yuk! Simak

9 Tips Untuk Menghindari Kesalahan Dan Penyesalan Saat membeli Gitar Bass. Yuk! Simak

Diswayjogja--Belajarmusik

DISWAYJOGJA.ID - Ada berbagai macam gitar bass yang tersedia di toko musik, namun jika Anda mempertimbangkan untuk memiliki gitar bass, ada beberapa hal yang harus Anda periksa terlebih dahulu. Perhatikan bahwa gitar bass seringkali memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi ternyata ada peluang untuk memilih gitar bass yang berkualitas. 

 Jadi Anda perlu mengetahui seperti apa bentuk gitar bass sebelum memilih, membeli dan memilikinya. Selain rasa (gaya dan warna), ada beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan. 

BACA JUGA:11 Gitar Listrik Terbaik Berkualitas Bagus Yang Sangat Rekomendasi Untuk Penggemar Alat Musik Petik

Cermati 9 tips ini untuk menghindari kesalahan dan penyesalan.

 

1. Sesuaikan Budget

 

Kualitas merupakan hal utama. Namun jika Anda tidak punya uang, Anda tidak perlu memaksakan diri untuk memilih dari merek terkenal dan mahal. Karena pada kenyataannya masih banyak gitar bass berkualitas di luar sana dengan harga yang minim. Beli gitar bass bekas.

 

2. Sesuaikan Kegunaan Dan Kebutuhan

 

Dalam hal ini, setiap orang dapat memutuskan sendiri gitar bass mana yang ingin mereka beli. Baik bermain secara normal/private, bermain dengan band atau menyewanya ke studio musik.

 

Setelah Anda mengetahui kebutuhan dan tujuan Anda, Anda dapat memutuskan gitar bass mana yang akan dibeli. Jika Anda menggunakan untuk penggunaan pribadi, atur juga  aliran musik yang biasanya diputar/sering diputar.

BACA JUGA:Tidak Asing Bukan? Dengan Gitar Klasik Yang Satu Ini, Yamaha CG/CGX, Yuk! Simak 8 Tipe Gitar Nylon Berikut

3. Original Dan Berkualitas

 

Memilih merek tentunya sesuai dengan keinginan Anda. Namun, kualitas adalah pertimbangan yang lebih penting daripada opsi branding "sesuka Anda". Ada banyak merek gitar bass di luar sana, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.

 

Selain itu, setiap merek memiliki karakteristik yang berbeda. Sebagai contoh merek Ibanez, gitar bass  merek ini lebih tebal sesuai dengan jenis musik jazz.

 

4. Kenali Material Pembuatanya

 

Mengapa? Tentu saja, perhatikan ketahanan  cuaca dan suara yang dihasilkannya. Karena terkadang ada gitar bass yang  menggunakan kayu yang berbeda untuk body dan necknya.

 

Berbeda kayu, suara yang dihasilkan juga berbeda.Jadi dalam hal ini Anda harus memperhatikan dengan seksama untuk melihat serat dan warnanya.

 

5. Perhatikan Neck Gitar Bass

 

Saat memilih gitar bass, Anda juga perlu mempertimbangkan lehernya. Karena jika  leher gitar bass memiliki celah atau sambungan, itu dapat memperburuk kualitasnya.

 

Pada saat yang sama, leher yang baik adalah leher tanpa cacat sedikitpun. Dan perhatikan juga lehernya apakah bengkok atau tidak.

BACA JUGA:4 Panduan Memilih Gitar Elektrik Pertamamu

6. Jumlah Senar Yang Dibutuhkan

 

Jumlah senar pada gitar bass juga menentukan  nada. Gitar bass  4 senar, nadanya adalah E A D G dan merupakan yang paling umum digunakan. Ada juga 5 senar yang  lebih rendah yaitu B E A D G. Dan jika 6 senar yaitu B E A D G C  lebih tinggi. 

 

Yah, itu tergantung pada setiap orang dan kebutuhan mereka dalam hal bermain musik. Yang terpenting, dapat memaksimalkan musik saat mainkan.

 

7. Perhatikan Fret Dan Bridge

 

Adapun gesekan, itu membutuhkan pandangan jauh ke depan. Karena pitanya terlihat sama dan hanya warnanya yang membedakannya. Kaset berkualitas buruk mudah aus oleh senar. Saat Anda mulai memainkan gitar bass (tekan senarnya), senar mungkin berbenturan dengan senar di depannya.

 

Kemudian pilihlah gitar bass dengan bridge yang  mudah dipasang dan dilepas senarnya. Lebih baik lagi, cari gitar bass yang tidak memerlukan senar melalui lubang bawahnya agar lebih mudah memasang dan melepas senar.

 

8. Tentukan jenis pick-up

 

Pickup adalah bagian penting dari gitar bass. Karena berguna untuk mengubah sinyal analog menjadi digital. Hingga artikel ini diterbitkan, dua jenis pickup yang umum digunakan yaitu magnetic dan piezoelectric. Dan muatan yang paling umum digunakan adalah muatan magnet.

 

Tiga jenis pickup: single coil, double coil (humbucker), dan soap bar.

Suara yang dihasilkan single coil terdengar terang dan jernih, sedangkan suara yang dihasilkan (humbucker)  lebih kental dan full (karena  menghilangkan bass/noise/noise dari single coil). Dan suaranya acak.  

 Ada juga opsi aktif dan pasif. Perbedaannya adalah yang aktif menggunakan baterai, sedangkan yang pasif tidak. Pencarian aktif dapat dikontrol karena dapat dipotong dan disempurnakan. Dan bagaimana cara menggerakkannya tergantung pada preamp yang dipasang di pickup.

BACA JUGA:Rekomendasi 9 Merk Senar Gitar Akustik

9. Berat Gitar Bass

 

Ini harus dipertimbangkan jika perlu. Jika gitar bass digunakan untuk pertunjukan, lebih baik memilih yang sedikit lebih ringan. Dan jika untuk studio musik atau untuk teman/kerabat, bebas memilih bobot gitar bass. Tapi jangan lengah juga!

 

Itulah beberapa tips  memilih dan membeli gitar bass. Saya harap Anda akan mendapatkan musik dengan kualitas terbaik. Terutama pilih sesuai selera anda, baik dari harga dan performa. Selamat memilih! Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dunia musik