Baterai Handphone mu Boros dan Cepat Habis? Berikut 6 Solusinya

Baterai Handphone mu Boros dan Cepat Habis? Berikut 6 Solusinya

-Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Semakin berkembangnya teknologi, kebutuhan akan sebuah hp dengan baterai yang tahan lama kian dicari. Mengingat sekarang hp merupakan kebutuhan yang wajib dilakukan miliki hampir setiap orang. Baik untuk kepentingan pekerjaan maupun tugas sekolah.

BACA JUGA:Samsung A14 5G: HP Terbaik 2023 Cuma 2 Jutaan!

Seringkali, baterai hp yang kita gunakan semakin lama terasa semakin boros. Terlebih setelah satu tahun pemakaian.

Bukan tanpa alasan, ternyata hp Android yang telah dipakai lebih dari 1 tahun pada umumnya akan mengalami penurunan kinerja baterai. 

BACA JUGA:Kacau Parah, Ini 10 Laptop 3 Jutaan dengan Kualitas Terbaik

Meskipun berbagai macam cara dilakukan, termasuk lewat hadirnya hp dengan baterai berkapasitas besar, namun ada beberapa hal yang perlu dilakukan guna membuat dayanya lebih tahan lama.

Alasan Baterai Hp Boros

Kita mungkin sering bertanya-tanya, mengapa baterai handphone kita cepat habis padahal kita jarang menggunakannya.

Nah beberapa alasan yang membuat baterai hp boros bisa jadi karena aplikasi tanam didalamnya. Aplikasi bawaan tersebut secara tidak sadar cukup menguras daya baterai hp kita loh.

Alasan lainnya yakni karena fitur menjalankan beragam fungsi secara bersamaan. Penggunaan fitur ini sangat menguras baterai melalui layar, prosesor dan lainnya.

BACA JUGA:Mulai 3 Jutaan, ini Spesifikasi Lengkap POCO X5 Pro 5G yang Nyaris Sempurna

Hal ini tentu akan menjadi kendala tersendiri, terlebih bila hp itu sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan, kegiatan belajar, maupun aktifitas lain.

Nah, berikut beberapa cara menjaga kesehatan baterai hp, simak sampai selesai!

1. Hindari penggunaan hp saat mengisi daya

Menggunakan ponsel saat mengisi daya ternyata dapat menyebabkan ponsel menjadi terlalu panas. Ini tentu akan membuat kesehatan baterai hp buruk

Karenanya, usahakan untuk mematikan hp saat mengisi daya. Kamu bisa mengisi daya saat hp sedang tidak dibutuhkan, sembari kamu melakukan aktifitas lain.

 

2. Redupkan cahaya layar

Meredupkan cahaya layar adalah cara paling umum yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai. Dengan pengaturan pencahayaan layar yang tinggi, akan membuat konsumsi baterai di hp juga akan semakin tinggi.

Ini menyebabkan konsumsi baterai menjadi lebih boros. Cobalah untuk sedikit meredupkan layar hpmu. Selain lebih hemat baterai, mata mu juga tak akan cepat lelah akibat menatap ponsel dengan layar terlalu terang.

 

3. Hindari mengisi daya hingga penuh

Mengutip dari wikihow, mengisi daya hingga 100 persen dan menggunakan ponsel hingga baterai habis 0 persen, dapat cepat merusak baterai ponsel.

Cobalah untuk mengisi daya sebagian secara berkala. Misalnya, isilah daya sampai 80 persen saja. Kemudian isi kembali ketika dayanya tersisa 20 persen.

 

4. Perhatikan fitur yang menyala saat menggunakan hp

Cobalah untuk memperhatikan fitur-fitur menyala di hp mu, yang sebetulnya tidak digunakan tetapi ternyata menyala. Fitur-fitur tersebut nyatanya cukup menguras baterai hp loh.

Seperti GPS, bluetooth, wifi, dan beberapa fitur lain. Karenanya, matikan  fitur tersebut bila tidak digunakan ya.

 

5. Cek berkala kesehatan baterai

Beberapa merek telah mengeluarkan hp dengan fitur kesehatan baterai. Jadi manfaatkan fitur tersebut untuk mengecek kesehatan baterai mu secara berkala ya.

 

5. Aktifkan mode penghemat baterai

Mengaktifkan mode hemat baterai dapat membatasi kinerja perangkat pada hp mu. Mode hemat baterai saat juga sangat membantu mempercepat baterai terisi penuh saat pengisian daya.

Beberapa fitur dan aplikasi yang tidak digunakan akan dibatasi kinerja nya secara otomatis

BACA JUGA:Mengungkap Kehebatan Samsung S23 Ultra yang Sedang Dibicarakan!

6. Hindari suhu yang berlebihan

Berada di suhu panas atau dingin yang berlebihan dapat membuat kinerja hp melemah.

Hindari ponsel terkena sinar matahari yang sangat terik. Pada suhu yang sangat dingin, gunakan ponsel dengan case/pelindung yang cukup tebal.

 

Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: