Pengetahuan Dasar Mengenai Biola. Baik Pengertian, Sejarah Dan Bagian-bagianya

Pengetahuan Dasar Mengenai Biola. Baik Pengertian, Sejarah Dan Bagian-bagianya

diswayjogja--pinterest

  Kemudian pada awal abad ke-16, lahirlah Biola modern di Italia Utara, khususnya di kota pelabuhan Venice dan Genoa yang berhubungan langsung dengan Asia Tengah melalui jalur sutera.

  Biola tertua merupakan Biola dengan empat senar semacam biola modern, yakni Biola yang diciptakan oleh Andrea Amati pada tahun 1555. Kemudian Biola menjadi populer baik dari para pemusik jalanan maupun pemusik di kalangan bangsawan.

  Pada abad ke-18, terjadi perubahan yang besar-besaran dalam pembuatan Biola, terlebih lagi panjang dan sudut leher Biola yang diperbarui sesuai standar baru. Sehingga tidak heran jika keadaan alat musik Biola berbeda dan menghasilkan suara dan respons yang berbeda pula.

  Sampai saat ini, alat musik Biola khususnya alat musik yang dibuat oleh Stradivari dan Guarneri del Gesu adalah instrumen musik yang paling banyak diburu oleh kolektor maupun pemusik Biola.

BACA JUGA:10 Tips Belajar Bermain Piano Bagi Pemula

Bagian-bagian Biola

 

  Alat musik Biola sendiri dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yang meliputi badan biola, leher biola, jembatan biola, papan jari, senar, dan beberapa macam perangkat pembantu. Untuk lebih jelasnya dapat diamati penjelasan sebagai berikut.

 

1. Badan Biola

 

  Badan Biola adalah bagian badan yang terdiri dari dua papan suara yang melengkung. Bagian ini disatukan dengan kayu yang disebut dengan iga biola dengan cara dilem menggunakan lem binatang. Iga biola sendiri meliputi bagian atas, keempat sudut, bagian bawah, dan garis tipis yang dikenal dengan lapisan dalam.

  Umumnya, permukaan atas biola dibuat dari bahan kayu spruce, yakni sejenis kayu cemara. Sementara bagian belakang dan samping biola dibuat dari kayu maple. Kayu ini dipilih dengan alur yang sama.

 

2. Leher Biola

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dunia musik