6 Manfaat Ikan Lele yang Bagus Untuk Kesehatan, Nomor 3 sih Cocok Buat yang Lemah Otot nya

6 Manfaat Ikan Lele yang Bagus Untuk Kesehatan, Nomor 3 sih Cocok Buat yang Lemah Otot nya

Ikan Lele--

DISWAY JOGJA - Ikan lele adalah jenis ikan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Tidak hanya itu, ikan satu ini juga sangat populer dalam menu masakan pecel lele, yang disajikan dengan lalap lengkap dan sambal.

Dengan rasanya yang gurih dan harga terjangkau, lauk ini menjadi makanan favorit semua kalangan, mulai dari dewasa hingga anak-anak. Belum lagi kandungan gizinya yang ternyata melimpah, sehingga memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jadi, bagi kamu pecinta ikan lele patut berbangga. Pasalnya manfaat ikan lele untuk kesehatan cukup banyak. Apa saja? Yuk simak, ulasannya berikut ini!

 

Kandungan Gizi Ikan Lele

Di balik dagingnya yang lembut, ternyata ikan lele menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satu kandungan gizi ikan lele yang sayang untuk dilewatkan adalah asam lemak omega-3.

Dalam 100 gram (g) ikan lele mengandung berbagai nutrisi meliputi:

 

Protein: 16,38 g

Lemak: 2.8 g

Kolesterol: 58 miligram (mg)

Natrium: 43 mg

Vitamin D: 12,5 mikrogram (mcg)

Kalsium: 14 mg

Zat besi: 0,3 mg

Kalium: 358 mg

Folat: 10 mcg

Fosfor: 209 mg

Vitamin B1: 0,21 mg

Vitamin B2: 0,072 mg

Vitamin B3: 1,093 mg

Vitamin B12: 2,23 mcg

Lele menjadi salah menu makanan sehat yang bisa menjadi sumber berbagai nutrisi dan rendah kalori. Ikan ‘berkumis’ ini memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan yang tak terduga.

Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan

 

1. Sumber Omega-3

Ikan lele diketahui menjadi salah satu makanan yang kaya asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, manfaat ikan lele berikatan erat dalam menurunkan risiko penyakit kronis.

 

Asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, serta juga membantu mengurangi kondisi peradangan, seperti rheumatoid artritis.

 

2. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Jika kamu termasuk orang yang mudah jatuh sakit, sebaiknya konsumsilah ikan lele secara rutin. Sebab, ikan lele mengandung protein tinggi yang dapat memberi khasiat pada imunitas tubuh.

 

Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat melawan serangan dari virus, bakteri, atau parasit lebih efektif. Sehingga tidak mudah jatuh sakit.

 

Protein juga berperan penting bagi sel-sel tubuh, yang juga mendukung proses penyembuhan luka.

 

3. Memperbaiki Jaringan Otot

Berdasarkan National Institutes of Health, satu porsi ikan lele 100 gram memiliki 32-39% protein yang dibutuhkan tubuh. Sumber protein dapat membangun dan memperbaiki jaringan otot.

Selain itu, manfaat ikan lele juga dapat menjadi penyusun hormon, enzim, dan molekul lainnya.

 

4. Mencegah Anemia

Ada dua langkah bagi tubuh untuk menyerap vitamin B12 dari makanan. Pertama, asam klorida di perut memisahkan vitamin B12 dari protein yang melekat dalam makanan.

Kemudian, vitamin B12 bergabung dengan protein yang dibuat oleh lambut, disebut faktor intrinsik dan diserap oleh tubuh.

Tubuh akan memanfaatkan vitamin B12 dari ikan lele untuk membantu pembuatan DNA, memberi makanan sel-sel sarah, dan membentuk sel darah merah normal.

 

5. Rendah Merkuri

Merkuri merupakan kandungan dari jenis logam berat hasil buangan limbah pabrik yang bisa menempel pada jaringan otot ikan.

Kabar baiknya, ikan lele mengandung rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi oleh ibu hamil dengan porsi yang tepat.

Sebab, apabila ibu hamil mengonsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan bayi.

 

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan lele mengandung mineral yang tinggi seperti fosfor, yang efektif dalam meningkatkan kesehatan tulang janin maupun ibu hamil.

Selain itu, ikan lele juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat penting untuk tulang karena membantu tubuh dalam menyerap kalsium.

 

Nah, itu dia tadi kandungan, manfaat, dan cara mengolah ikan lele. Semoga Kalian dapat terinspirasi dari informasi barusan, ya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan