Punya Salah Satu Puncak Tertinggi, Inilah 5 Fakta Unik Gunung Kilimanjaro

Punya Salah Satu Puncak Tertinggi, Inilah 5 Fakta Unik Gunung Kilimanjaro

--

DISWAY JOGJA Gunung Kilimanjaro adalah Gunung tertinggi di dunia yang berdiri bebas yang merupakan Gunung tertinggi di Arika. Untuk ketinggiannya mencapai 5.895 meter yang berarti memiliki selisih hingga 1.000 meter lebih dari Puncak Jaya Gunung tertinggi Indonesia.

Untuk kondisi salju yang ada di Gunung Kilimanjaro ini sudah mulai berkurang. Diakibatkan oleh pemanasan global dunia yang semakin parah. Gletser yang menyelimuti puncak ini sudah mulai menipis dari 11.700 tahun yang lalu.

Karena puncaknya diselimuti salju, maka gunung ini diberi julukan “Ol Doinyo Oibor” yang artinya adalah “Gunung Putih”. Berikut ini adalah fakta-fakta Gunung Kilimanjaro yang perlu kamu ketahui. 

1. Jumlah pendaki mencapai 25.000 orang


Melansir World Wild Life, ada sekitar 25,000 pendaki yang mencoba mendaki Gunung Kilimanjaro setiap tahunnya. Kira-kira dua pertiga dari para pendaki tersebut berhasil mendaki Gunung Klimanjoro.

Namun, alasan paling umum mengapa para pendaki gagal mencapai puncaknya adalah masalah ketinggian. Tidak jarang mereka mengalami berbagai hambatan mulai dari hambatan kesehatan selama proses mendaki gunung tersebut.

2. Punya puncak tertinggi

 

Puncak Uhuru ini merupakan salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia. Nama 'uhuru' sendiri artinya adalah kebebasan, dan diberikan untuk memperingati hari kemerdekaan negara Tanzani dari Inggris Raya pada tahun 1961. 

3. Dihuni hewan-hewan unik

Telah dibangun Kawasan Taman Nasional Gunung Kilimanjaro yang luasnya adalah 1.688 kilometer persegi. Kawasan lestari ini dihuni oleh ratusan spesies hewan yang unik, seperti galago, gagak berleher putih, bunglon bertanduk tiga, monyet biru, tikus rumput bergaris empat, dan monyet colobus. 

Hewan-hewan tersebut termasuk hewan yang menetap di sana, dilestarikan, dan bahkan ada yang bisa hidup hingga puluhan tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: