5 Fakta Unik Buah Tin, Buah Surga yang Jadi Nama Surah di Alquran

5 Fakta Unik Buah Tin, Buah Surga yang Jadi Nama Surah di Alquran

Buah Tin--

Namun, ada yang berbeda dengan tumbuhan tin. Pasalnya banyak orang yang mengira bahwa tumbuhan tin tidak memiliki bunga. Padahal sejatinya buah pada tumbuhan tin merupakan gugusan bunga yang terbalik.

Melansir dari laman scienceworld, buah tin adalah syconia, yang mengandung makna bahwa mereka pada dasarnya ialah sebuah kumpulan bunga yang terdapat di bagian lapisan luar ara.

Maka jangan heran jika bunga tin tidak nampak karena mekar dalam infructescence atau bisa disebut buah berganda.

4. Digunakan sebagai obat

Buah surga ini mempunyai cita rasa manis seperti madu. Tak hanya menyimpan kelezatan, buah tin juga memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

Dalam satu buah tin memgandung kalsium, magnesium, potasium, fosfor dan besi serta vitamin A, B6, C dan K.

Dengan mineral dan vitamin di atas, buah tin sering dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk masalah pencernaan, tulang, hingga penyakit kronis seperti diabetes.

5. Penyerbukan yang dibantu tawon ara

Penyerbukan adalah proses yang cukup vital bagi reproduksi tumbuhan. Dalam proses polinasi atau penyerbukan juga membutuhkan peran hewan untuk membantu keberlangsungan proses tersebut.

Begitu pula buah tin yang penyerbukannya dibantu oleh hewan khusus yang bernama tawon ara, tawon yang berukuran sangat kecil.

Buah tin dengan tawon ara menjalin simbiosis mutualisme. Keduanya bekerja untuk misi yang sama, yakni reproduksi.

Tumbuhan ara menjadi rumah bagi tawon ara betina untuk bertelur, sementara tawon ara membawakan serbuk sari untuk membantu penyerbukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: