5 Fakta Unik Kota Bandung, Pernah Jadi Ibukota Dua Benua

5 Fakta Unik Kota Bandung, Pernah Jadi Ibukota Dua Benua

--

DISWAY JOGJA Bandung berasal dari kata “bendung” atau bendungan karena terbendungnya Sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang lalu membentuk telaga. Pada 2007 Bandung terpilih sebagai pilot project kota terkreatif di Asia Timur oleh British Council.

Bandung adalah salah satu kota yang berada di Jawa Barat. Kota ini memiliki luas wilayah sekitar 167 km2 dengan 30 Kecamatan dan 153 Kelurahan. Selain terkenal akan wilayahnya yang luas, Kota ini juga memiliki ciri khas dan fakta uniknya tersendiri.

Apa saja fakta uniknya? simak ulasannya dibawah ini :

1. Ibukota Asia Afrika

Bandung dikenal dengan Ibukota Asia Afrika karena terdapat gedung tempat konferensi yang masih ada dan dijadikan Museum konferensi Asia Afrika. Konon, Indonesia menjadi salah satu Negara yang mempelopori konferensi Asia Afrika secara langsung pada tanggal 18-24 April1955.

Hal tersebut bertujuan untuk mempererat solidaritas beberapa Negara di Asia dan Afrika sekaligus melawan kolonialisme Barat.

Konferensi Asia Afrika yang pertama kali diadakan di Gedung Merdeka, Bandung, dihadiri oleh 29 negara yang baru merdeka. KAA pertama itu menghasilkan Dasasila Bandung yang berisikan komitmen dan tekad menghentikan serta menentang penjajahan.

Selain dijadikan ibukota simbolis Asia-Afrika, Bandung yang mendeklarasikan diri sebagai kota hak asasi manusia juga dihargai oleh negara-negara Asia Afrika.

2. Kota Kembang

Kota Bandung memang lebih dikenal dengan julukan 'Kota Kembangnya'. Namun, ada beberapa yang mendefinisikan julukan tersebut. Ada yang menilai julukan itu diberikan karena pada zaman dulu kota ini dinilai sangat cantik dengan ditumbuhi banyaknya pohon-pohon dan bunga-bunga yang indah dan menyejukkan.

Namun ada hipotesis kedua yang melatarbelakangi kenapa Kota Bandung diberi julukan Kota Kembang.

Bermula ketika masa Asisten Residen Priangan Pieter Sijthoff tahun 1896, Bandung dipercaya menggelar sebuah gelaran besar yaitu Kongres Perkumpulan Pengusaha Perkebunan Gula yang berkedudukan di Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: