Ramai Diperbincangkan, Ini 5 Manfaat Fitur Dark Mode. Ternyata Nggak Cuma Sekadar Tren!

Ramai Diperbincangkan, Ini 5 Manfaat Fitur Dark Mode. Ternyata Nggak Cuma Sekadar Tren!

--

DISWAY JOGJA - Penggunaan dark mode saat ini sudah tidak asing lagi bagi kamu pengguna gadget, baik smartphone maupun laptop. Apalagi tren penggunaan dark mode semakin meluas di kalangan aplikasi digital dan website yang menyediakan fitur ini. Hanya saja, banyak yang belum mengetahui manfaat dari dark mode atau mode gelap yang pertama kali dipopulerkan oleh Twitter tahun 2016 lalu.

Ditambah beberapa platform media sosial lain seperti Facebook, Telegram, dan YouTube mulai menambahkan fitur ini ke dalam aplikasi mereka. Walaupun hanya berbeda warna saja namun, dark mode juga bermanfaat tidak hanya bagi kesehatan mata, namun ada beberapa kelebihan lainnya. Seperti apa manfaat dark mode, yuk simak penjelasannya berikut ini. 

Selain Instagram, aplikasi Twitter pun lebih dulu membuat fitur menarik ini. Sayangnya, belum semua software mendukung fitur ini. Kalau kamu pengguna Android, fitur ini baru bisa dipakai jika  sudah update ke software Android 9 atau 10. Fitur dark mode sendiri akan membuat tampilan latar menjadi gelap dan teks berubah putih lo!

Meski banyak orang yang menggunakannya karena sedang hype saja, namun nyatanya fitur ini punya beberapa manfaat menarik. Berikut ulasannya :

 

1. Mengurangi penggunaan baterai ponsel

Warna hitam pada latar membuat ponsel nggak perlu bekerja dengan keras untuk menyalakan LED atau pun OLED. Bahkan, pada layar OLED sendiri, piksel akan mati kalau layar menampilkan warna hitam. Nah, dengan begitu dark mode bisa membuat penggunaan baterai jadi lebih hemat.

2. Kemampuan membaca teks jadi lebih baik

Melansir dari laman Grid, dalam jurnal The Impact of Web Page Text-Background Color Combinations on Readability, Retention, Aesthetics, and Behavioral Intentio yang ditulis oleh Richard H. Hall dan Patrick Hanna menyebut, perpaduan warna gelap dan terang bisa membuat kemampuan membaca kita jadi lebih fokus. Selain putih, kamu pun bisa membuat teks jadi berwarna kuning agar mudah dibaca.

3. Mata tidak tegang

Menatap ponsel yang terlalu terang bisa akan membuat retina bekerja lebih keras. Kalau terus dilanjutkan, hal ini bisa membuat mata jadi tegang dan berair. Nah, adanya fitur dark mode ini akan membuat ketegangan pada mata berkurang. Bahkan saat perilisan dark mode MacOs Mojave, pihak Apple menyampaikan bahwa mode ini bisa bantu konsentrasi karena lebih nyaman di mata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: