8 Fakta Unik Film Dilan dan Milea: Suara Dari Dilan, Nomor 8 Sih Ada Adegan yang Diulang Ber jam-jam

8 Fakta  Unik Film Dilan dan Milea: Suara Dari Dilan, Nomor 8 Sih Ada Adegan yang Diulang Ber jam-jam

Thumbnail Film Dilan--

DISWAY JOGJA - Selain cerita cinta, trilogi film Dilan juga menyuguhkan hangatnya kasih sayang keluarga. Namun, di balik triloginya, ternyata ada fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu.

 

Film Dilan berhasil mencuri perhatian pencinta film Tanah Air, khususnya bagi penggemar novel fenomenal karya Pidi Baiq dengan judul yang sama, yakni Dilan 1990, Dilan 1991, dan Milea: Suara dari Dilan.

Novel best seller tersebut mampu membuat pembacanya baper akan cerita cinta dua remaja Bandung era 1990-an tersebut. Tak heran ketika diangkat menjadi film, trilogi film remaja ini selalu sukses dan masuk dalam jajaran film Indonesia terlaris

Sebagai informasi, peran Dilan dan Milea untuk film ini dipilih langsung oleh Pidi Baiq. Sosok Dilan yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan digambarkan sebagai anak muda yang ugal-ugalan, tapi memiliki sisi lembut dan romantis. Bahkan, dalam hidupnya yang penuh dengan lika-liku, Dilan bisa mencintai Milea (Vanesha Prescilla) dengan tulus dan tanpa pamrih.

Selain cerita cinta, seri film ini juga menyuguhkan hangatnya kasih sayang keluarga dan ikatan persahabatan. Namun, di balik seri film ini, ternyata ada fakta menarik yang mungkin belum kamu tahu.

Film "Dilan" adalah salah satu film Indonesia yang mendapatkan popularitas dan kesuksesan besar. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang film "Dilan":

 

1. Berdasarkan Novel: Film "Dilan" adalah adaptasi dari novel berjudul "Dilan: Dia adalah Dilanku Tahun 1990" karya Pidi Baiq. Novel ini terinspirasi dari pengalaman pribadi penulisnya dan menjadi sangat populer di kalangan remaja.

 

2. Chemistry Pasangan Pemeran: Pemeran utama dalam film ini adalah Iqbaal Ramadhan sebagai Dilan dan Vanesha Prescilla sebagai Milea. Kedua aktor ini berhasil menghadirkan chemistry yang kuat dan natural, membuat kisah cinta Dilan dan Milea terasa begitu romantis dan mengharukan.

 

3. Rekor Penonton: Film "Dilan 1990" berhasil meraih kesuksesan besar dengan jumlah penonton yang sangat banyak. Film ini menjadi salah satu film Indonesia dengan jumlah penonton terbanyak pada tahun rilisnya.

 

4. Musik Soundtrack: Lagu-lagu dalam film ini menjadi sangat populer, terutama lagu "Dilan 1990" yang dinyanyikan oleh Pidi Baiq dan soundtrack lainnya seperti "Rindu Sendiri" yang dinyanyikan oleh Iqbaal Ramadhan.

 

5. Adaptasi Lanjutan: Kesuksesan film "Dilan" menginspirasi pembuatan dua sekuel, yaitu "Dilan 1991" dan "Dilan 1992". Kedua sekuel ini melanjutkan kisah cinta Dilan dan Milea setelah kejadian dalam film pertama.

 

6. Penghargaan dan Nominasi: Film "Dilan 1990" mendapatkan banyak penghargaan dan nominasi dalam berbagai ajang penghargaan film Indonesia. Para aktor dan kru filmnya diakui atas kualitas kerja mereka.

7. Iqbaal Ramadhan lawan trauma naik motor: Siapa sangka, Iqbaal Ramadhan ternyata tidak bisa mengendarai sepeda motor yang berkopling. Untuk kebutuhan cerita, mantan personel Coboy Junior itu belajar mengendarai sepeda motor berkopling selama dua pekan.

Dia mengaku bahwa karena kecelakaan motor pada 2015, hal itu membuatnya trauma selama tiga tahun tidak mengendarai motor. Namun, karena demi tuntutan peran, dia harus melawan rasa takutnya tersebut agar bisa memerankan Dilan dengan maksimal.

8. Adegan pertengkaran diambil selama 6 jam: Setiap aktor dalam membintangi sebuah film, pasti pernah mengalami kesulitan dalam menuntaskan adegan sesuai tuntutan naskah dan sutradara. Begitu juga yang dirasakan Iqbaal dan Giulio Parengkuan (pemeran Anhar) dalam film Dilan 1990 (2018).

Terdapat cerita saat Dilan dan Anhar bertengkar hebat di lorong sekolah. Adegan itu ternyata cukup sulit dilakukan oleh Iqbaal dan Giulio.

“Berantem itu sebenarnya lebih ke technical wise. Kita kan enggak pernah main film adegan berantem, dan adegan berantem ini cukup intense dan panjang. Di lorong sekolah juga, jadi space-nya enggak banyak.

Film "Dilan" berhasil menghadirkan kisah cinta remaja yang romantis dan mengena di hati penonton. Kesuksesannya membuktikan bahwa film dengan cerita cinta yang kuat dan disampaikan dengan baik dapat menarik perhatian penonton dari berbagai usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram @catatanfilm