Kalian Suka Makan Gorengan? Inilah 7 Tips untuk Kalian yang Suka Mengonsumsinya

Kalian Suka Makan Gorengan? Inilah 7 Tips untuk Kalian yang Suka Mengonsumsinya

tips untuk kalian yang ska mengonsumsi gorengan secara berlebihan--

DISWAY JOGJA - Makanan yang digoreng seperti pisang goreng, tahu goreng, bakwan goreng, dan masih banyak lagi memang selalu menggoda lidah kalian. Rasanya yang gurih, enak, dan renyah di mulut membuat gorengan banyak disukai orang dan selalu bikin ketagihan. Akan tetapi mungkin kalian juga sudah tahu bahwa terlalu banyak makan gorengan tidak baik untuk kesehatan tubuh kalian. Jadi buat kalian yang suka makan gorengan perlu diperhatikan dalam mengonsumsi gorengan dengan jumlah yang banyak.

Berikut tips untuk kalian dalam mengonsumsi gorengan supaya kesehatan tetap terjaga:

BACA JUGA:Sedang Bingung Mau Buka Usaha Apa? Ini7 Peluang Bisnis untuk Kalian yang Wajib Dicoba!

1. Batasi Porsinya dan Jangan Terlalu Sering

Tips sehat yang satu ini perlu kalian ikuti jika tidak kalian akan terkena dampak buruk akibat makan gorengan terlalu berlebih. Gorengan mengandung kadar lemak dan kolesterol yang tinggi. Jika kalian terlalu sering makan gorengan dan sekali makan bisa dengan jumlah yang banyak. Kalian beresiko terkena berbagai macam penyakit seperti kolesterol, obesitas, diabetes, sampai penyakit jantung. Jadi kalian jangan terlalu sering dan harus membatasi jumlah gorengan yang kalian konsumsi. 

2. Hati-hati Membeli Gorengan

Kalian mungkin sudah sering mendengar berita tentang penjual gorengan yang menggunakan minyak jelantah dengan alasan untuk menghemat biaya. Pernah juga kalian mendengar ada penjual gorengan yang mencampurkan plastik ke dalam minyak panas agar gorengan tetap renyah dalam waktu yang lama?

Oleh karena itu sebaiknya kalian harus berhati-hati pada saat membeli gorengan. Jangan asal membeli gorengan dan perhatikan juga pedagang gorengan secara cermat agar gorengan yang kalian makan aman untuk dikonsumsi. Waspada dengan pedagang gorengan yang menggunakan minyak yang sangat hitam untuk menggorengnya.

3. Bikin Gorengan Sendiri

Enggak yakin dengan kualitas gorengan yang dijual di luaran? Bikin gorengan sendiri saja! Dengan begitu kalian bisa menggunakan bahan-bahan yang segar dan hiegenis serta minyak goring yang berkualitas untuk membuat gorengan yang aman dikonsumsi dan tidak kalah enak dari yang dijual pedagang gorengan di kebanyakan tempat.

4. Gunakan Minyak yang Baik

Jika kalian ingin membuat gorengan sendiri pastikan kalian menggunakan minyak yang sehat seperti olive oil, canola oil, dan sesame oil. Ketiga jenis minyak ini tidak menyebabkan penumpukan kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh kalian sehingga baik dan aman untuk digunakan mengolah gorengan.

Selain menggunakan jenis minyak yang sehat kalian juga dianjurkan untuk menggunakan minyak goreng baru atau maksimal bekas dua kali pemakaian. Hal ini karena proses penggorengan membuat minyak membentuk zat karsinogen yang merupakan salah satu pemicu kanker. Jadi kalau minyak yang digunakan berulang kali dengan jumlah karsinogen akan semakin banyak dan berbahaya untuk kesehatan tuuh kalian.

 

5. Gunakan Cara Menggoreng yang Benar

Cara menggoreng yang tepat adalah menunggu suhu minyak benar-benar panas sebelum memasukkan adonan. Dengan demikian gorengan tidak akan menyerap banyak minyak. Sebelum memasukkan adonan cek suhu minyak dengan cara meneteskan sedikit adonan ke dalam minyak. Jika minyak mengeluarkan suara mendesis itu tandanya minyak sudah cukup panas dan siap untuk digunakan.

6. Keringkan Minyak dengan Tisu

Setelah matang jangan langsung dimakan tetapi harus ditiriskan terlebih dahulu dan gunakan selembar tisu dapur untuk menyerap minyak yang berlebih pada gorengan. Dengan cara ini minyak goreng yang kalian konsumsi menjadi lebih sedikit.

7. Tambahkan Sayur-sayuran

Jangan hanya mengonsumsi gorengan saja tetapi tambahkan sayur-sayuran ke dalam menu gorengan kalian agar lebih sehat. Misalnya, kalian bisa membuat bakwan dari sayur-sayuran, makan tahu atau tempe goreng dengan gado-gado, dan sebagainya. Kalian juga sangat disarankan untuk makan buah-buahan yang banyak setelah mengonsumsi gorengan. Tips ini berguna untuk menghambat penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh kalian sehingga jauh dari risiko penyakit jantung.

Nah, buat kalian yang suka makan gorengan jangan lupa untuk memeriksa kadar kolesterol kalian secara rutin.

Nah, itu tadi ulasan mengenai beberapa cara untuk kalian dalam mengonsumsi jumlah gorengan supaya kesehatan kalian selalu terjaga. Jadi mulai sekarang konsumsi gorengan sesuai dengan porsinya ya supaya kesehatan selalu terjaga. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: