Kalian Memiliki Bopeng Bekas Jerawat? Inilah 5 Cara untuk Menghilangkannya

Kalian Memiliki Bopeng Bekas Jerawat? Inilah 5 Cara untuk Menghilangkannya

cara mengatasi bopeng bekas jerawat--

DISWAY JOGJA - Jerawat jika dibiarkan tanpa penanganan kadang kala bisa memicu masalah baru pada kulit kalian. Contohnya ketika meninggalkan luka yang cukup dalam pada lapisan kulit atau bopeng. Bopeng pada kulit ini tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Lantas bagaimana cara untuk mengatasinya?"

Siapa yang tidak pernah merasakan masalah jerawat? Ya, jerawat nyatanya menjadi masalah kulit yang paling umum terjadi. Pada beberapa orang jerawat di muka biasanya meninggalkan luka yang cukup dalam pada lapisan kulit. Kondisi ini disebut dengan bopeng. Bentuk biasanya cekung seperti lekukan atau lubang.

Bopeng ini terjadi ketika lapisan kulit bagian dalam mengalami kerusakan dan sayangnya tidak bisa menghilang dengan sendirinya. Akan tetapi ada banyak cara yang bisa kalian pilih untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat.

Berikut ulasan mengenai cara menghilangkan bekas bopeng jerawat pada wajah kalian:

BACA JUGA:Sebenarnya Mitos atau Fakta Jika mengonsumsi Kacang Membuat Timbulnya Jerawat pada Wajah? Yuk Simak Ulasannya

1. Pijat Wajah

Cara yang bisa dipilih adalah melakukan pijat pada wajah kalian. Akan tetapi pijat ini sebenarnya tidak bisa menghilangkan bopeng bekas jerawat secara langsung. Meskipun begitu, kalau kalian telah menjalani terapi perawatan kulit sebelumnya. Melakukan pijat wajah bisa menjadi pelengkap terapi tersebut. Tidak hanya itu pijat pada wajah juga membantu mengurangi inflamasi dan meningkatkan sirkulasi pada kulit.

Sebenarnya pijat pada wajah cenderung tidak menimbulkan efek samping dan tidak berbahaya. Meski begitu kalian juga harus tahu bahwa efektivitas dari pijat wajah untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat pun belum terjamin sehingga kalian membutuhkan terapi untuk menghilangkan jerawat yang lain.

2. Menggunakan Krim Wajah

Sebelum memutuskan untuk pergi ke klinik kecantikan biasanya wanita memilih menggunakan krim yang dibuat khusus untuk menyembuhkan bekas luka sebagai tindakan pertolongan yang pertama untuk menghapus bopeng bekas jerawat. Krim ini bekerja dengan mengurangi gejala yang muncul seperti kemerahan dan gatal serta membantu meningkatkan kelembapan kulit.

Namun pada khasiat dari krim ini baru bisa dirasakan berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah digunakan. Hal ini juga tergantung pada bahan yang dipakai untuk membuat krim tersebut. Sama halnya dengan krim wajah. Menggunakan masker membutuhkan waktu lama hingga akhirnya bopeng bekas jerawat berkurang.

3. Laser Fraksional

Terapi menggunakan laser banyak dilirik untuk menghilangkan bopeng termasuk terapi laser fraksional. Perawatan ini bertujuan untuk merangsang terjadinya regenerasi kulit pada bekas luka dengan mengarahkan sinar laser pada jaringan parut dari bekas luka bopeng pada wajah kalian. Yang nantinya laser akan membakar lapisan kulit bopeng bagian luar dan menstimulasi terjadinya pertumbuhan sel baru sehingga bopeng pun akhirnya terlihat lebih samar.

4. Lapisan Laser Ablatif

Perawatan ini disebut-sebut sebagai metode perawatan laser yang paling invasif. Cara kerjanya dengan menghilangkan lapisan tipis pada kulit. Biasanya mmebutuhkan waktu antara 1 sampai 2 minggu untuk perawatan dan pemulihannya. Akan tetapi hasilnya mampu bertahan hingga bertahun-tahun sehingga kalian tidak perlu lagi melakukan perawatan wajah lainnya. Perlu diingat metode ini memiliki risiko seperti pembengkakan dan perubahan warna kulit wajah menjadi kemerahan.

5. Dermabrasi

Perawatan wajah ini bisa membuat kulit wajah kalian terlihat lebih merata tanpa harus menggunakan bahan kimia. Penggunaannya dibantu dengan bius local yang bergantung pada ukuran bopeng bekas jerawat dengan membutuhkan terapi. Melalui perawatan ini kulit wajah kalian akan tampak merata sehingga banyak dipilih untuk menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu penampilan terutama area wajah. Akan tetapi terapi ini harus dilakukan oleh ahlinya. Jadi kalian bisa bertanya jawab dulu dengan dokter spesialis.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi bopeng jerawat yang bisa kalian pilih. Setiap orang membutuhkan penanganan yang berbeda-beda sesuai dengan tingkat keparahannya. Jadi untuk selalu tanyakan dulu pada dokter sebelum memutuskan perawatan wajah yang tepat.

Nah, itu tadi ulasan mengenai bebrapa cara menghilangkan bekas bopeng jerawat pada wajah. Kalian pilih metode yang mana ketika akan menghilangkannya? Apapun metode yang kalian lakukan jangan sampai lupa untuk konsultasikan jika terjadi sesuatu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: