Sebenarnya Mitos atau Fakta Jika mengonsumsi Kacang Membuat Timbulnya Jerawat pada Wajah? Yuk Simak Ulasannya

Sebenarnya Mitos atau Fakta Jika mengonsumsi Kacang Membuat Timbulnya Jerawat pada Wajah? Yuk Simak Ulasannya

Kacang makanan favorit sejuta umat--

DISWAY JOGJA – Kalian pasti sudah sangat sering mendengar kalimat, “Jangan makan kacang, nanti mukanya jerawatan.” Sering mendengar kalimat tersebut? Kacang sering disebut-sebut sebagai pemicu timbulnya jerawat. Tidak heran banyak orang terutama para wanita jadi ragu bila ingin makan kacang. Tapi benarkah makan kacang bisa menyebabkan jerawat? Yuk, cek selengkapnya di ulasanyan berikut ini:

1. Penyebab Munculnya Jerawat

Pada dasarnya jerawat pada wajah kalian timbul ketika folikel rambut tersumbat oleh campuran sel kulit mati, kotoran dan sebum, yakni zat yang dihasilkan kelenjar minyak yang berfungsi melembapkan kulit. Jerawat juga bisa dipengaruhi oleh hormon. Pada wanita misalnya, jerawat paling banyak muncul menjelang menstruasi dan saat hamil. Karena pada masa-masa itulah terjadi perubahan hormon dalam tubuh wanita.

Wajah berjerawat juga paling sering dialami oleh anak-anak remaja. Pasalnya pada masa pubertas produksi sebum oleh kelenjar minyak sangat meningkat bahkan bisa melebih jumlah yang dibutuhkan kulit. Selain hormon masih banyak faktor-faktor yang menjadi pemicu timbulnya jerawat. Salah satunya adalah jenis makanan yang kalian konsumsi.

2. Hubungan Antara Kacang dan Jerawat

Pada tahun 2005 dan 2006 para ahli dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat melakukan dua penelitian untuk melihat hubungan antara susu dengan timbulnya jerawat. Hasil yang didapatkan dari kedua penelitian tersebut adalah ternyata mengonsumsi susu sapi dapat memicu tumbuhnya jerawat pada wajah orang-orang yang mengonsumsi susu tersebut. Selain susu, kacang juga dikenal sebagai pemicu jerawat.

Kacang memang mengandung lemak yang tinggi akan tetapi tidak cukup banyak sampai membuat penumpukan dan penyumbatan lemak pada pori-pori kulit sehingga menyebabkan jerawat. Penyebab jerawat sebenarnya bukan mengonsumsi kacang melainkan karena adanya alergi terhadap kacang.

Untuk mengetahui apakah kalian alergi terhadap kacang. Kalian bisa coba menghindari makan kacang selama 1-2 bulan lalu lihat perubahannya. Apabila setiap kali makan kacang wajah kalian jadi berjerawat, namun setelah dua bulan tidak makan kacang wajah kalian bersih dan bebas dari jerawat, kemungkinan besar mungkin kalian mempynyai alergi terhadap kacang.

Jadi, jangan konsumsi kacang lagi ya! Jika kalian sudah melakukan hal-hal seperti diatas.

3. Kacang Justru Bermanfaat untuk Kecantikan Kulit

Buat kalian jangan takut lagi untuk mengonsumsi kacang. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Dermatology, jerawat tidak disebabkan karena mengonsumsi cokelat, es krim, ataupun makanan seperti kacang. Beberapa ahli justru percaya bahwa mengonsumsi kacang seharusnya dapat mengurangi jerawat. Karena makanan tersebut kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki sifat anti-radang.

Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang almond dan kacang mete juga mengandung asam oksalat yang baik untuk merawat kulit dan mencegah jerawat pada wajah kalian. Kacang kedelai pun kaya akan asam lemak omega-3 yang baik untuk kecantikan kulit kalian. Kandungan omega-3 dari kacang kedelai telah terbukti mampu melawan inflamasi di tubuh serta mencegah kulit kering dan membuat kulit tampak awet muda.

Bila ingin mengonsumsi kacang sebaiknya konsumsilah kacang yang dipanggang. Hindari mengonsumsi kacang yang digoreng karena mengandung kadar lemak jenuh yang tinggi. Hal ini karena minyak yang digunakan untuk menggoreng kacang mengandung lemak jenuh.

Jadi banyak mengonsumsi gorengan termasuk kacang goreng, dapat memicu timbulnya jerawat pada wajah kalian. Selain itu kalian juga perlu membatasi mengonsumsi makanan manis dan berkadar gula tinggi karena mengonsumsi gula terlalu banyak akan meningkatkan kadar hormon insulin dalam darah dan memicu produksi hormon androgen yang dapat menyebabkan tumbuh jerawat.

Jadi mengonsumsi kacang bikin jerawat itu hanya mitos. Akan tetapi kalau jerawat di wajah kalian susah hilang atau kalian mempunyai masalah kecantikan lainnya sebaiknya tanyakan saja langsung pada dokter kecantikan.

Nah, itu tadi beberapa ulasan mengenai mengonsumsi kecang membuat wajah kalian berjerawat atau tidak. Untuk kalian yang memiliki alergi terhadap kacang sangat disarankan supaya tidak mengonsumsi kacang demi kesehatan wajah kalian. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: