Tidak Hanya Kulinernya Saja Loh! Sumedang Juga Memiliki Destinasi Wisata yang Cocok untuk Kalian Kunjungi

Tidak Hanya Kulinernya Saja Loh! Sumedang Juga Memiliki Destinasi Wisata yang Cocok untuk Kalian Kunjungi

tempat wisata di sumedang--

DISWAY JOGJA - Tempat wisata di Sumedang saat ini tumbuh dan berkembang sangat pesat. Bahkan menjadi salah satu destinasi pilihan warga Jawa barat selain Bandung, Garut, dan Sukabumi yang sudah terkenal dengan potensi wisatanya. Apalagi kota ini terkenal dengan produksi tahu yang memiliki cita rasa luar biasa.

Menurut sejarahnya Sumedang berasal dari kerajaan Galuh yang didirikan oleh Prabu Guru Aji Putih. Sebelum pusat pemerintahannya dipindah ke Bogor. Kemudian, muncul kerajaan Sumedang Larang. Selanjutnya tunduk di tangan Sultan Agung. Selanjutnya diberikan kepada VOC akibat perjanjian Pakubuwono I dengan Belanda.

Sejarah lainnya Kota yang dijuluki Presiden Soekarno sebagai Kota Buludru ini menjadi pusat budaya tanah Pasundan sebelum Bandung dibangun.

Berikut destinasi tempat liburan keluarga yang ada di Sumedang:

1. Curug Cigorobog

Wisata di Sumedang yang bisa kalian kunjungi adalah Curug Gorobog. Memiliki tiga tingkatan, paling bawah berada di pintu masuk. Alirannya sangat deras terdapat kolam yang bisa dimanfaatkan untuk berenang atau berendam. Kedalamannya ada yang sampai 3 meter lho.

Tingkat kedua kalian harus mendaki ke atas terlebih dahulu. Terdiri dari dua aliran yang besar dan juga kecil. Menuju ke tebing ini membutuhkan sedikit perjuangan yang tak mudah. Tetapi sesampainya disana kalian bisa melihat pemandangan menakjubkan di depan mata.

2. Waduk Jatigede

Wisata Sumedang ini dibangun pada tahun 2015 dan ditetapkan menjadi waduk terbesar kedua di Indonesia. Tidak hanya dimanfaatkan sebagai sarana pembangkit listrik dan irigasi saja. Tempat ini juga digunakan sebagai sarana pariwisata yang menjanjikan.

Seperti halnya beberapa waduk di Indonesia seperti Gajah Mungkur. Waktu terbaik mengunjungi tempat ini adalah sore hari. Dimana kalian bisa menikmati aktivitas berburu sunset dan memancing ikan. Disini kalian juga bisa menemukan banyak warung yang menyajikan berbagai menu makanan dan minuman khas sunda yang nikmat.

3. Taman Endog

Objek wisata Sumedang ini memiliki makna filosofis yang cukup besar dan sarat akan makna. Dibangun pada masa bupati Drs. H. Soetedja yang cukup fenomenal di masa kepemimpinannya.

Kawasan ini cukup instagramable. Jadi jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan setiap momen kalian.

4. Museum Prabu Geusan Ulun

Objek wisata di Sumedang ini memiliki luas kurang lebih 1,8 hektar terdiri dari enam bangunan yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Bangunan pertama bernama Gedung Srimanganti Didirikan tahun 1706 terkenal sebagai rumah raja yang direhabilitasi pada tahun 1992 dan 1993.

Dibangun pada masa pemerintahan Dalem Adipati Tanoemadja berisi koleksi raja dan bupati yang sudah memimpin Sumedang. Gedung Bumi kaler yang menyimpan beberapa naskah Kuno mengenai Kota Sumedang sebagian besar menggunakan bahasa arab.

Untuk koleksinya sendiri berupa keris, tombak, kujang yang disimpan di bangunan yang bernama Gedung Gendeng. Tidak hanya itu saja disini kalian juga bisa melihat peninggalan Leluhur dan merupakan bangunan pertama yang dibangun pada tahun 1850 secara bersamaan.

Selanjutnya, pada tahun 1973 dibangun Gedung Gamelan sumbangan dari Gubernur DKI saat itu Ali Sadikin. Ada banyak jenis gamelan yang bisa kalian lihat disini. Termasuk yang berasal dari Thailand. Selanjutnya Gedung Pusaka khusus yang menjadi ikon dari museum ini.

Ada mahkota, senjata yang dahulu pernah digunakan oleh para raja. Terakhir tahun 1996 dibangun Gedung Kereta. Koleksi alat transportasi para raja waktu itu. Nama Prabu Geusan Ullun diambil dari nama raja Sumedang Larang.

5. Puncak Damar

Tempat wisata di Sumedang terbaru ini terletak di Desa Pakualam Kecamatan Darmaraja. Keunggulan dari objek wisata ini adalah pemandangan Waduk Jatigede yang tampak megah dan mempesona.

Disini sudah disediakan tempat untuk melihat pesonanya. Waktu terbaik mengunjungi kawasan ini adalah sore hari.

Nah, itu tadi ulasan mengenai tempat-tempat wisata yang bisa jadi masuk ke daftar list tempat liburan bareng keluarga kalian. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: