5 Wisata Hits di Magelang Yang Nggak Kalah Keren dari Candi Borobudur

5 Wisata Hits di Magelang Yang Nggak Kalah Keren dari Candi Borobudur

--

DISWAY JOGJA - Kabupaten Magelang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di antara Kota Semarang dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Magelang menjadi sangat terkenal berkat adanya Candi Borobudur, ikon wisata yang juga merupakan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

Magelang adalah salah satu kota yang punya banyak destinasi wisata. Salah satu contoh destinasi wisata populer di Magelang adalah Candi Borobudur. Tak hanya tempat wisata, Candir Borobudur juga menjadi lokasi untuk merayakan Hari Raya Waisak. Tahun ini, Hari Raya Waisak jatuh pada Minggu, 4 Juni 2023. Waisak merupakan hari suci umat Buddha. Peringatan Hari Raya Waisak ini menandai adanya tiga peristiwa.

Namun, tahukah kamu bahwa selain Candi Borobudur ternyata masih ada banyak destinasi wisata menarik lainnya yang ada di Kabupaten Magelang? Penasaran? Apa saja rekomendasi wisata hits Magelang yang bisa kamu kunjungi saat liburan? simak ulasannya di bawah ini, let's go!

1. Candi Mendut

Candi Mendut adalah tempat suci bagi umat Buddha. Dengan arsitektur megah dan suasana tenang, candi ini menjadi tempat tepat untuk merenung dan menemukan kedamaian dalam kehidupan sehari-hari. Candi Mendut berjarak sekitar 3 km dari Candi Borobudur, terletak di Jalan Mayor Kusen, Sumberrejo, Mendut, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Candi peninggalan Buddha ini penuh dengan nilai sejarah dan makna kehidupan tertuang dalam relief-relief di dinding candi.

Candi ini merupakan salah satu candi dari tiga serangkai candi di Magelang yaitu Candi Borobudur, Pawon, dan Mendut. Candi Mendut merupakan peninggalan dari Kerajaan Mataram Kuno yang diduga dibangun pada abad ke-9.

Candi Mendut dibangun dari bahan batu bata dengan campuran batu andesit, sehingga terlihat sangat kokoh. Di dalamnya terdapat tiga buah arca Buddha serta sebuah patung Buddha Sakyamuni dengan posisi duduk. Candi Mendut berbentuk segi empat dengan tinggi bangunan 26,40 meter di atas batu setinggi 2 M.

2. Nepal van Java

Selanjutnya ada rekomendasi lain yakni Nepal Van Java yang terletak di ketinggian 1.620 mdpl, tepatnya di bawah kaki Gunung Sumbing. Nepal Van Java merupakan Dusun Butuh Kaliangkrik yang sedang populer beberapa waktu terakhir. Sekilas, dusun ini mirip dengan Pegunungan Himalaya yang ada di Nepal. Dusun Butuh menyuguhkan panorama indah dengan udara yang dingin dan sejuk. Di pagi hari, matahari terbit dari dusun ini terlihat sangat jelas dan cantik.

Di Nepal van Java, kamu bisa menyusuri jalan-jalan Dusun Butuh yang sempit, berlika-liku dan sarat tanjakan serta turunan. Bagi yang tidak terbiasa hiking, menyusuri jalanan Nepal van Java yang diapit rumah berwarna-warni itu tentu cukup menguras tenaga. Tapi jangan khawatir, di sana ada fasilitas ojek wisata.

3. Air Terjun Kedung Kayang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: