Bikin Melek! Ini Resep Cipak Koceak Anti Gagal!

Bikin Melek! Ini Resep Cipak Koceak Anti Gagal!

Cipak Koceak dengan bumbu pedas dan perasan jeruk-Disway-

DISWAYJOGJA.ID - Tidak hanya terkenal dengan dodol, Garut juga mempunyai jajanan unik lain yaitu cipak koceak. Camilan ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru terkanal pada waktu belakangan ini.

Kata "cipak" merupakan singkatan dari kata "cimol dempak" atau "gepeng". Sementara kata "koceak" bermakna "teriak" dalam bahasa Sunda.

Jadi cipak koceak merupakan sebutan untuk cimol gepeng yang bisa membuat orang teriak. Dikatakan demikian karena cipak ini memiliki beragam tingka kepedasan yang bisa disesuaikan dengan selera.

Menggunakan bumbu campuran cabai dan jeruk limau, membuat cipak koceak mempunyai rasa pedas dan asam. Untuk kamu yang menyukai camilan dengan rasa pedas ini, tentu akan langsung jatuh cinta pada cipak koceak.

Resep cipak Koceak Anti Gagal

Penasaran ingin mencicipinya? Berikut cara pembuatan cipak koceak melansir pada Cookpad.

Bahan-Bahan

Bahan cipak :

1. 250 gr tepung kanji

2. 125 gr tepung terigu

3. 1 bungkus bawang putih bubuk

4. 1 batang daun bawang diiris

5. Garam

6. Kaldu bubuk

7.  Secukupnya air panas

8. Minyak untuk menggoreng

 

Bahan bumbu :

1. 30 gram cabai rawit kering

2. 2 bungkus bawang putih bubuk

3. Kaldu bubuk rasa ayam

4. Secukupnya minyak panas

5. 2 buah limau(bisa ditambah jika suka lebih asam)

 

Langkah Pembuatan 

1. Bumbu

Blender rawit kering sampai halus. Setelah itu, campur semua bahan kering jadi satu. Aduk rata. Lalu siram dengan minyak panas. Aduk rata kembali, kemudian beri perasan jeruk limau, aduk lagi, sisihkan

2. cipak Koceak

Campur semua bahan lalu masukan air panas sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Setelah itu, lanjut diuleni dengan tangan. - Bentuk adonan bulat lalu gepengkan dengan cara menghimpit bulatan aci dengan kedua tangan. Lakukan sampai habis, panaskan minyak. Lalu goreng aci sampai agak kering/matang.

3. Bila ingin  lebih enak, cipak bisa diisi dengan ayam rebus yang diblender dan beri sedikit garam. Boleh juga memakai sosis, atau apapun sesuai selera.

 

Selamat Mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: