5 Kuliner Khas Bandung Termaknyus, Nomor 2 Paling Unik!

5 Kuliner Khas Bandung Termaknyus, Nomor 2 Paling Unik!

--

DISWAY JOGJA - Datang ke Bandung tak lengkap rasanya kalau belum mencicipi makanan khas. Kamu pasti familiar kan dengan jajanan, seperti seblak, cuanki, siomay, ataupun cilok? Nah, jajanan tersebut memang jadi makanan khas Bandung yang sangat digemari serta mudah kamu temui di street food pinggir jalan.

Cita rasa makanan khas Bandung dengan ciri khas beragam sering kali dicari-cari para wisatawan. Sambil mengunjungi tempat wisata di Bandung, kamu bisa banget sekalian mencicipi rasa manis, asam, asin, gurih, dan pedas di makanan khas daerah ini. Ada apa aja, sih, kira-kira kuliner khas Bandung itu? Simak artikel berikut.

1. Mi Kocok Bandung

Udara dingin Bandung memang sangat pas untuk menyantap mie hangat, apalagi di musim hujan seperti sekarang ini. Gak heran dong kalau Bandung punya makanan khas Mie Kocok. Hidangan satu ini punya cita rasa kaldu sapi yang khas.

Mie Kocok sendiri merupakan hidangan mie kuning dengan irisan kikil, tauge, bakso, jeruk nipis, seledri, daun bawang, serta bawang goreng. Campuran tersebut kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi sehingga rasanya lebih rich dan creamy.

Pasti kamu penasaran kan kenapa dinamakan Mie Kocok? Nama tersebut diambil dari proses pembuatan Mie Kocok.

Di mana mie dicelupkan ke dalam rebusan air kemudian dikocok hingga matang. Bahkan, beberapa penjual menggunakan alat memasak tradisional seperti bara api dari arang agar menambah aroma dan cita rasa lebih autentik.

2. Ulukutek Leunca

Makanan khas Bandung dengan penyebutan nama yang cukup sulit ialah Ulukutek Leunca. Kamu sudah pernah dengar?

Ulukutek Leunca adalah makanan yang terbuat dari campuran oncom dengan buah leunca. Biasanya dijadikan makanan sehari-hari, Ulukutek Leunca ini punya cita rasa beragam, yakni gurih, renyah, serta sedikit pahit dan pedas menyatu saat kamu santai Ulukutek Leunca.

Kerap kali jadi menu harian, tentu Ulukutek Leunca paling pas disajikan bersama nasi dan oncom. Uniknya lagi, kandungan gizi di dalam menu satu ini cukup lengkap, loh! Terdapat vitamin, karbohidrat, dan senyawa lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Penasaran mencicipinya?

3. Nasi Timbel

Makanan khas satu ini ialah nasi yang dibungkus dengan daun pisang dikenal dengan nama Nasi Timbel. Enaknya menyantap Nasi Timbel karena terdapat aroma daun pisang yang melekat dan menggugah selera makan.

Nasi Timbel biasa disajikan bersama lauk seperti ayam, ikan, hingga pepesan khas Sunda. Bukan hanya disajikan dalam bentuk nasi putih, variasi nasi timbel ini ada juga yang menggunakan nasi merah.

Sehingga cocok buat kamu yang sedang defisit kalori atau diet tanpa perlu merasa bersalah saat menikmati cita rasa dari Nasi Timbel.

4. Lumpia Basah

Jajanan street food khas Bandung yang punya banyak penikmat karena cita rasa pedas, manis, dan gurih. Lumpia basah khas Bandung ini punya isian tauge, bengkuang, dan oncom. Sama seperti seblak, isian dari Lumpia Basah Bandung kini punya banyak variasi yang bisa dipilih sendiri oleh pembelinya.

Di Bandung, kamu dapat temukan pedagang Lumpia Basah yang berkeliling atau sudah mangkal dan melegenda. Harga dari street food satu ini pun sangat terjangkau mulai dari Rp. 6.000 – Rp. 12.000 per porsinya. Cocok deh buat kamu jajan-jajan iseng tanpa menguras kantong.

5. Seblak

Terakhir yaitu seblak, yang merupakan makanan terpopuler dari Kota Kembang, Bandung yang digemari hampir seluruh masyarakat karena rasa pedas dan gurih. Seblak adalah makanan khas Sunda yang berasal dari kata segak dan nyegak yang berarti menyengat.

Aroma Seblak cukup menyengat karena menggunakan kencur sebagai bahan utama bumbunya. Bahan utama dari Seblak ialah kerupuk basah yang dimasak bersama bumbu cabai, bawang putih, dan kencur yang dicampur dengan sedikit air.

Namun, seiring berjalannya waktu banyak banget variasi seblak yang dapat kamu temukan, bahkan ada yang bisa dikreasikan sesukamu, loh! Saat ini seblak punya topping kerupuk, telur, mie, bakso, sosis, sayuran, ceker, tulang, hingga tetelan.

Nah, kamu sendiri termasuk salah satu penggemar seblak bukan? Karena berasal dari Bandung, seblak jadi salah satu makanan khas Bandung yang wajib kamu coba saat berkunjung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: