Merasakan Hangatnya Sinar Matahari Pagi:5 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan, Bisa untuk Menurunkan Depresi

Merasakan Hangatnya Sinar Matahari Pagi:5 Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan, Bisa untuk Menurunkan Depresi

sunrise--pixabay.com

DISWAY JOGJA - Sajian alam yang paling indah dan penuh manfaat bisa jadi adalah mentari pagi. Saat covid-19 melanda, banyak orang berbondong bondong berjemur di pagi hari, lalu apa saja sih menfaat sinar matahari bagi Kesehatan? Sinar matahari pagi yang hangat tidak hanya menyajikan pemandangan yang menakjubkan, tapi juga menyimpan manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Berikut adalah 5 penjelasan menyeluruh tentang manfaat besar yang bisa Anda peroleh dari sinar matahari di jam-jam awal pagi.

1. Menyediakan Suplai Vitamin D

Penyedia vitamin D yang utama adalah sinar matahari pagi. Vitamin D merupakan zat yang sangat penting bagi kesehatan, berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta membantu fungsi sistem imun. Ketika kulit kita terpapar oleh sinar matahari, tubuh akan menghasilkan vitamin D dari kolesterol.

Cukup dengan 10-30 menit berada di bawah sinar matahari tanpa menggunakan tabir surya beberapa kali dalam seminggu, Anda telah mendapatkan asupan vitamin D yang cukup.

2. Menekan Risiko Depresi

Sinar matahari punya peran besar dalam meningkatkan mood dan perasaan bahagia kita. Hal ini disebabkan oleh peningkatan produksi serotonin, sebuah neurotransmitter yang mempengaruhi mood, setelah terpapar sinar matahari. Kurangnya serotonin dalam tubuh dapat memicu depresi musim dingin atau yang dikenal sebagai Seasonal Affective Disorder (SAD).

3. Melancarkan Siklus Tidur

Tidak hanya berfungsi sebagai alarm alami yang membangunkan Anda dari tidur, sinar matahari pagi juga membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari.

Paparan sinar matahari segar di pagi hari dapat membantu menjaga ritme sirkadian Anda, yaitu ritme tubuh internal yang mengatur siklus tidur dan bangun. Dengan paparan sinar matahari yang cukup, Anda akan merasa lebih bergairah di siang hari dan siap untuk tidur saat malam tiba.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari pagi bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ketika kulit kita terpapar oleh sinar matahari, tubuh akan menghasilkan suatu senyawa yang disebut oksida nitrat ke dalam aliran darah yang berperan dalam menurunkan tekanan darah, dan secara umum mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sinar matahari pagi memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan kita. Paparan sinar matahari pagi mampu merangsang produksi beberapa hormon yang penting untuk metabolisme, termasuk insulin yang berperan dalam mengatur kadar gula darah.

Jadi, jangan anggap remeh keberadaan sinar matahari pagi. Manfaat yang bisa diraih jauh lebih dari sekedar kehangatan. Mulai dari memperoleh suplai vitamin D, hingga mempertahankan kesehatan jantung, semua bisa Anda dapatkan melalui sinar matahari di pagi hari. Sahabat alam sejati yang satu ini juga perlu perlindungan, jangan lupa menggunakan tabir surya jika berkegiatan di bawah sinar matahari di luar jam aman (antara pukul 10 pagi hingga 4 sore) untuk melindungi dari efek berbahaya radiasi ultraviolet. Oleh karena itu, beranjaklah lebih awal, rasakan manfaat sinar matahari pagi dan pastikan selalu melindungi kulit Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: