Lebih dari Minuman: 5 Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Anda

Lebih dari Minuman: 5 Manfaat Kopi Untuk Kecantikan Anda

kopi--pixabay.com

DISWAY JOGJA - Siapa yang tidak familiar dengan kopi? Minuman yang satu ini tidak hanya dikenal sebagai pengantar hari atau teman mengobrol yang baik, tetapi juga memiliki sederet manfaat untuk kecantikan. Mari kita lihat apa yang bisa kopi lakukan untuk meningkatkan daya tarik Anda.

1. Mengurangi Penuaan Dini

Kopi memiliki antioksidan yang dapat bekerja sebagai anti aging. Antioksidan yang dimiliki kopi adalah polifenol. Polifenol dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.Selain itu, kandungan polifenol juga dapat memperbaiki DNA yang rusak akibat sinar UV yang merupakan salah satu penyebab penuaan dini.

Studi manfaat masker kopi untuk kulit menemukan bahwa bahkan dengan minum kopi dapatmembantu mengurangi efek photoaging atau bisa mencegah penuaan dini. Masker kopi dapat mengurangi tanda-tanda penuaan lainnya seperti flek hitam dan kerutan. Jadi, gunakanmasker kopi secara rutin untuk mendapatkan kulit wajah yang awet muda!

Menerapkan masker kopi langsung ke kulit wajah dapat membantu mengurangi munculnya bintik-bintik cokelat akibat paparan matahari, mengurangi kemerahan, dan garis-garis haluspada wajah. Cobalah untuk menggunakan masker kopi sehabis beraktivitas di luar, kamuakan mendapatkan efek relaksasi dan mengurangi stres di kulit wajah.

 

2. Menghilangkan Mata Panda

Lingkaran mata yang gelap atau mata panda bisa mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan masker kopi untuk menyamarkan mata panda.Kandungan kafein yang ada pada kopi dipercaya dapat membantu memperlebar peredarandarah di area mata. Hal ini bisa menyamarkan lingkaran gelap di area mata, karenapenyempitan pembuluh darah adalah salah satu penyebab mata panda.

Cara membuat masker kopi yaitu campurkan bubuk kopi dengan minyak zaitun hingga berbentuk pasta. Aplikasikan masker kopi selama 10 menit di bawah mata, lalu bersihkan. Gunakan masker kopi secara rutin agar hasilnya maksimal.

 

3. Merawat Kulit Yang Terbakar

Beraktivitas di luar ruangan tentu kamu tidak bisa menghindari sinar matahari. Terlalu lama terpapar sinar matahari bisa membuat kulit wajah terbakar dan iritasi. Kopi bisa kamu gunakan untuk merawat kulit wajah yang terpapar lama sinar ultraviolet (UV).

Cara menggunakan kopi untuk merawat kulit terbakar yaitu campurkan bubuk kopi dengan es batu di dalam baskom, lalu celupkan handuk ke dalamnya. Usapkan handuk ke bagian wajah atau kulit yang terbakar. Efek yang diberikan yaitu menenangkan kulit wajah Anda yang terbakar.

 

4. Merawat Kulit Yang Berjerawat

Kandungan chlorogenic acid (CGA) pada kopi bersifat anti-bakteri yang dapat membantu mengatasi masalah bakteri berbahaya pada luka atau infeksi kulit. Kombinasi eksfoliasi bubuk kopi yang dijadikan masker kopi dapat melawan jerawat.

Kamu bisa mencampurkan kopi dengan air dan gosokkan perlahan. Selain itu kamu juga bisamencampurkan bubuk kopi dengan madu untuk menghilangkan bekas jerawatnya.

 

5. Mengatasi Komedo

Masker kopi juga mampu melawan komedo membandel yang ada di hidung. Komedo hitam disebabkan oleh terbukanya pori-pori wajah, sehingga bakteri dan minyak bercampur dengan udara kemudian berubah menjadi gelap.

Cara untuk mengatasi komedo dengan campuran bubuk kopi dan gula. Siapkan tiga sendokmakan bubuk kopi dan satu sendok makan gula, lalu campur dengan air secukupnya. Aplikasikan adonan tersebut ke bagian kulit yang ada komedo lalu bilas setelah 30 menit.

Tapi, meskipun kopi adalah bahan alami yang aman untuk perawatan, tidak semua bisal angsung cocok. Apalagi kalau kulit kamu terutama wajah itu sensitif. Hasil yang didapatkan juga tidak bisa langsung instant, ya! Perlu dilakukan perawatan secararutin agar hasilnya terlihat dan maksimal!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: