Simak 3 Fakta Menarik Micin! Menyedapkan Hidangan dengan Sempurna!

Simak 3 Fakta Menarik Micin! Menyedapkan Hidangan dengan Sempurna!

Micin penyedap rasa--pexels.com

 

DISWAY JOGJA - Di dunia kuliner ada satu bahan penyedap yang sangat terkenal yaitu micin. micin atau yang dikenal juga dengan monosodium glutamat (MSG) adalah senyawa kristal putih yang terbuat dari asam glutamat suatu jenis asam amino yang dapat ditemukan dalam banyak makanan seperti tomat, keju dan daging. micin sudah ada sejak lama dan sering digunakan dalam berbagai masakan di berbagai belahan dunia terutama di Asia.

 

Dalam artikel ini kita akan membahas berbagai fungsi micin pada makanan dan mengapa micin sangat populer digunakan di dapur. Banyak yang berpendapat bahwa micin memberikan rasa umami yang khas memperkuat rasa makanan dan meningkatkan selera makan. Namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa micin memiliki efek samping yang merugikan bagi kesehatan. Mari kita bahas lebih lanjut!

 

  1. Memberikan Rasa Umami yang Lezat
    Micin memiliki kemampuan untuk memperkaya rasa umami dalam makanan. Umami sendiri adalah satu dari lima rasa dasar yang ada selain asam manis asin dan pahit. Rasa umami memberikan sensasi kelezatan dan kekenyalan pada lidah kita. Dengan menambahkan micin pada makanan rasa umami tersebut akan semakin kaya dan menambah kenikmatan saat kita menyantapnya.
    Micin juga berfungsi untuk menyempurnakan rasa makanan. Dalam dunia kuliner, ada yang disebut sebagai "rasa makanan yang datar" yang terjadi ketika rasa dalam sebuah masakan tidak cukup kuat atau tidak seimbang. Dalam situasi ini penambahan micin dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan meleburkan micin ke dalam makanan, maka rasa makanan akan menjadi lebih menyatu dan sempurna.
  2. Meningkatkan Selera Makan
    Micin memiliki efek kejiwaan yang dapat meningkatkan selera makan. Ketika micin tercium oleh hidung kita ia akan merangsang reseptor pada saraf di hidung yang terhubung ke otak. Sinyal dari otak yang diterima ini akan memicu rasa lapar dan menghasilkan nafsu makan yang lebih besar. Itulah sebabnya mengapa banyak restoran dan warung makan menggunakan micin dalam masakan mereka untuk memikat para pengunjung agar makan lebih banyak.
    Kita seringkali merasa asin sedikit kurang dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Micin dapat menciptakan ketergantungan rasional pada rasa asin tersebut. Dengan menambahkan micin maka makanan akan terasa lebih gurih dan menyenangkan bagi lidah kita. Namun kita juga perlu bijak dalam penggunaan micin ini agar tidak terlalu tergantung pada rasanya.
  3. Memperpanjang Umur Simpan Makanan
    Micin memiliki sifat antimikroba yang efektif untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme dalam makanan. Hal ini terjadi karena micin membantu mempertahankan kadar air dalam makanan, sehingga mikroorganisme sulit untuk berkembang biak. Dengan demikian makanan yang ditambahkan dengan micin akan lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.
    Micin juga dapat membantu mempertahankan kesegaran makanan yang matang. Dalam beberapa masakan, micin digunakan sebagai bahan tambahan untuk proses pengukusan atau pematangan makanan. Dalam proses tersebut micin membantu menjaga kualitas makanan dengan mengunci rasa dan aroma di dalamnya, sehingga makanan tetap segar dan enak ketika disajikan.

 

 

Meski micin memiliki banyak manfaat dalam menghasilkan makanan yang lezat kita juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsinya. Meskipun tidak ada bukti ilmiah yang kuat beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi micin yang berlebihan dengan peningkatan resiko efek samping seperti, sakit kepala, nyeri otot dan alergi pada sebagian orang.

 

Namun, hal ini sangat tergantung pada sensitivitas individu terhadap micin. Jadi penting bagi kita untuk mencermati reaks tubuh setelah mengonsumsi makanan yang mengandung micin. Jika merasakan gejala yang tidak nyaman sebaiknya mengurangi atau menghindari penggunaan micin dalam makanan.

 

Dalam hal ini, micin memiliki peranan penting dalam membantu menciptakan rasa yang lezat meningkatkan selera makan dan mengawetkan makanan. Dengan bijak, micin dapat menjadi bahan penyedap yang aman dan efektif dalam mendukung proses memasak serta menyajikan hidangan yang lezat. Oleh karena itu, selama digunakan dengan bijak, micin dapat menjadi sahabat setia di dapur kita yang mampu menghadirkan keajaiban rasa yang menggoda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id