5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Tamanan Lidah Mertua dirumah! Nomer 2 Paling Penting!

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Tamanan Lidah Mertua dirumah! Nomer 2 Paling Penting!

Tanaman Lidah Mertua-Disway-Google

DISWAYJOGJA - Lidah mertua merupakan satu di antara tanaman hias yang wajib kamu miliki. Tanaman dengan nama ilmiah Sansevieri ini, banyak ditemukan di benua Asia dan Afrika. Karenanya, sangat mudah menemukan tanaman ini di Indonesia. 

Lidah mertua memiliki daun keras, sukulen, tegak, dengan ujung meruncing. Bentuknya yang estetik membuatnya cocok ditempatkan di berbagai sudut ruangan. Baik didalam maupun diluar rumah. 

Selain mempercantik ruangan, tanaman lidah mertua ternyata memiliki manfaat yang amat luar biasa bagi penghuni rumah loh. Jangan khawatir, kamu sudah bisa merasakan berbagai manfaat lidah mertua dengan harga yang sangat terjangkau. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

1. Sebagai pengharum ruangan 

Tanaman ini memiliki aroma menyejukkan yang dapat mengharumkan ruangan secara alami. Sehingga cocok diletakkan di tempat-tempat yang sering berbau seperti toilet, dapur, dan ruangan lain.

2. Menyerap radiasi 

Manfaat selanjutnya ialah dapat menyerap radiasi yang dipancarkan oleh barang elektronik di rumah. Kamu bisa meletakkan tanaman ini disudut-sudut ruang berdekatan dengan barang elektronik.

Selain itu, Lidah Mertua mampu menyaring racun dari udara seperti benzena, xilena, trikloroetilen, dan formaldehida. Luar biasa hebat yaa

3. Memaksimalkan asupan oksigen yang lebih dan mengatasi Sick Building Syndrome

Menanam lidah mertua bisa membantu meringankan Sick Building Syndrome (SBS). SBS merupakan masalah psikologis yang membuat seseorang kerap merasakan sakit kepala, iritasi mata, hidung, tenggorokan, rasa lelah, dan mual.

Tanaman lidah mertua akan memperbaiki sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruang yang buruk. Meminimalkan keberadaan karbon dan memaksimalkan asupan oksigen dalam ruang.  

4. Sebagai aromaterapi

Bau lidah mertua yang menyegarkan dan sehat, membuatnya baik dijadikan aromaterapi. Manfaat menanam lidah mertua yang satu ini tidak hanya berdampak pada lingkungan, melainkan berdampak pula bagi psikologi penanamnya.

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman berbunga yang bisa mekar setiap sore hari. Aroma bunga dari lidah mertua inilah yang menjadikannya begitu menenangkan. Ampuh untuk mengurangi dan meredakan stres.  

5. Sebagai anti kanker

Seperti yang tertera diatas, kemampuan lidah mertua dalam menyerap dan menyingkirkan lingkungan dari polutan udara beracun dan agen penyebab kanker seperti benzena, formaldehida, xilen, dan toluena menjadikannya pilihan yang efektif untuk mengobati dan mencegah penyakit mematikan ini.

 

Untuk dapat mendapatkan manfaat dari lidah mertua tentu kita perlu memberikan teknik penanaman dan perawatan yang benar yaa. Tertarik untuk mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: