Yuk, Kenali Lebih Dalam Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh! Ini Dia 5 Manfaat Jagung Bagi Tubuh

Yuk, Kenali Lebih Dalam Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh! Ini Dia 5 Manfaat Jagung Bagi Tubuh

Yuk, Kenali Lebih Dalam Manfaat Jagung untuk Kesehatan Tubuh! Ini Dia 5 Manfaat Jagung Bagi Tubuh--

DISWAY JOGJA – Jagung memiliki nama latin Zea mays. Jagung menjadi salah satu makanan sumber karbohidrat yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Makanan sehat satu ini juga sangat mudah didapat dan diolah. Mulai dari campuran sayur hingga dikonsumsi dengan tambahan keju dan susu sebagai kudapan.

 

Tidak hanya sebagai sumber karbohidrat jagung juga kaya akan nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya adalah serat. Kandungan didalam jagung dikaitkan dengan salah satu manfaat untuk kesehatan yaitu baik untuk pencernaan. Pasalnya, serat bisa membuat kalian kenyang lebih lama dan mencegah sembelit.

 

Mengonsumsi jagung secara langsung setelah direbus tanpa ditambah garam, gula, santan, atau mentega menjadi cara paling dianjurkan supaya kamu bisa mendapat manfaat jagung secara optimal. Penasaran apa saja manfaat dari jagung? Yuk, ita simak pembahasan mengenai manfaat jagung untuk esehatan tubuh kalian.

 

1. Terhindar dari risiko cacat lahir

 

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengonsumsi banyak makanan yang tinggi kandungan asam folat. Kandungan tersebut dibutuhkan untuk membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan yang tidak dikehendaki pada bayi. Misalnya spina bifida dan kondisi cacat saraf lainnya.

 

Disebutkan dalam Home & Garden Information Center; Clemson University, jagung adalah salah satu sumber makanan dengan kandungan asam folat tinggi. Dengan tambahan nutrisi lain manfaat jagung satu ini sangat pas untuk ibu hamil dan menyusui. Untuk para ibu hamil dan menyusui jangan lupa banyak mengonsumsi jagung untuk kesehatan bayi kalian.

2. Memberikan perlindungan pada saluran kemih

Manfaat jagung satu ini tidak berasal dari bijinya. Tetapi bagian rambut jagung juga memiliki manfaat. Rambut jagung memiliki sifat diuretik dan antiseptik. Kedua sifat ini sangat efektif untuk menurunkan risiko peradangan, mencegah iritasi, infeksi, dan membantu menekan pertumbuhan bakteri pada saluran kemih. Kamu bisa mencuci dan merebus rambut jagung hingga mendidih. Kemudian konsumsi airnya.

Dari penjelasan diatas semoga dapat bermanfaat untuk kalian mengenai kesehatan tubuh dengan mengonsumsi jagung setiap saat.

3. Meningkatkan imunitas

Oregon State University menyebutkan bahwa beta-karoten yang terdapat dalam jagung memiliki kandungan vitamin A yang penting untuk mendukung baik pertumbuhan, imunitas tubuh, dan perkembangan bayi yang optimal. Ini artinya, menghidangkan jagung sebagai camilan memang pilihan yang sangat tepat.

Akan tetapi, perhatikan cara mengolahnya supaya kalian bisa merasakan manfaat jagung lebih optimal. Hindari mengonsumsi popcorn yang telah ditambah garam, gula, atau mentega. Selain itu, hindari pula mengonsumsi jagung kalengan karena potensi risiko BPA. Lebih berhati-hati lagi kalian dalam memilih dan memilah konsumsi jagung agar terhindar dari resiko penyakit yang tidak di inginkan.

4. Mendukung kesehatan mata

Kandungan karotenoid terutama antioksidan zeaxanthin serta lutein yang terdapat pada jagung memiliki manfaat utama untuk menjaga mata tetap sehat. Disebutkan dalam British Journal of Ophthalmology, senyawa zeaxanthin bisa membantu melindungi mata dari risiko katarak, degenerasi makula, dan berbagai kerusakan mata karena oksidatif lain yang terjadi karena paparan cahaya biru pada ponsel atau perangkat elektronik. Jadi mulai searang banyak-banyak mengonsumsi jagung untuk kesehatan mata kalian.

5. Mencegah divertikulosis

Manfaat jagung selanjutnya adalah membantu mencegah terjadinya divertikulosis, gangguan kesehatan yang ditandai dengan munculnya kantung pada dinding usus besar. Ketika mengalami hal ini tubuh kalian akan menunjukkan gejala seperti perut begah, kram, dan infeksi serta perdarahan. Jadi, jangan ragu lagi kalian dalam mengonsumsi jagung ya!

 

Demikian penjelasan mengenai manfaat jagung bagi kesehatan tubuh. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: