Ini Dia 7 Rekomendasi Makanan Khas Demak yang Wajib Kalian Coba!

Ini Dia 7 Rekomendasi Makanan Khas Demak yang Wajib Kalian Coba!

Ini Dia 7 Rekomendasi Makanan Khas Demak yang Perlu Kalian Coba!--

DISWAY JOGJA - Demak memang terkenal dengan wisata religinya karena demak dikenal dengan kota wali. Makam Terapung Syekh Mudzakir menjadi salah satu destinasi yang kerap dikunjungi para peziarah maupun wisatawan umum lainnya. Tetapi, apakah kalian tau Demak juga terkenal dengan kulinernya yang khas dari daerah demak.

Untuk kalian yang berkunjung ke demak jangan sampai lupa untuk mencoba dan memburu makanan-makanan khas demak. Yuk, kita cari tau kuliner apa saja yang menjadi ciri khas daerah demak.

Berikut ulasan mengenai kuliner khas demak:

1. Kropohan

Kropohan adalah salah satu makanan tradisional Kabupaten Demak yang biasanya dapat kalian jumpai dalam acara hajatan atau tasyakuran yang berlangsung di lingkungan Kabupaten Demak. Merupakan salah satu kuliner Hiden Gem (belum banyak diketaui atau dikunjungi orang) yang hanya dapat kalian jumpai ketika acara hajatan ataupun tasyakuran berlangsung.

2. Nasi Ndoreng

Nasi Ndoreng merupakan Kuliner Khas Kabupaten Demak. Resep warisan peninggalan Kerajaan Bintoro pada masa Jayanya. Nasi yang isiannya hampir menyerupai Nasi pecel tersebut memiliki ciri khas perbedaan di bagian seasoning atau bumbunya.

Jika nasi pecel atau sayur pecel diguyur dengan sambal kacang yang cenderung manis dan gurih, untuk Nasi Ndoreng sayuran yang menjadi pelengkapnya di taburi “Uyah Goreng” atau Garam Goreng yang berbahan dasar kelapa parut sangrai yang dibubuhi garam, dan memiliki sensasi cita rasa umami gurih dengan lauk pelengkap lainnya.

3. Asem-Asem Daging Khas Kabupaten Demak

Asem-asem Daging Khas Kabupaten Demak dengan kuah tauco wajib untuk kalian cicipi ketika berkunjung ke Kabupaten Demak. Cita rasa pedas, gurih, manis, asam dapat dijumpai pada kuliner yang satu ini.

Kombinasi isian berupa tetalan dan daging yang diguyur kuah pedas, gurih, manis dan asam dapat dijumpai dari kuliner Kabupaten Demak yang satu ini. Sensasi diguyur langsung di atas nasi hangat ataupun dipisah di mangkuk yang berbeda akan tetap membuat kalian rindu untuk singgah dan kembali berwisata ke Kabupaten Demak.

4. Caos Dahar Lorogending

Caos Dahar adalah salah satu Makanan Khas Kabupaten Demak yang tidak diperjual belikan. Olahan masakan tersebut merupakan makanan kesukaan Kanjeng Sunan Kalijaga. Makanan ini biasanya di masak oleh seorang Abdi Dalem yang masih memiliki garis keturunan trah Kanjeng Sunan Kalijaga. Di mana juru masak yang ditunjuk harusnlah seorang perempuan yang telah menopouse atau sudah tidak lagi mengalami siklus menstruasi.

Sajian Caos Dahar Lorogendhing yang tidak diperjual belikan ini hanya dapat dinikmati dengan cara memesan untuk acara maupun kegiatan seperti Hajatan dan Tasyakuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: