Catat ini! Hal Medis yang Perlu Diketahui Orang Awam, Nomor 1 Sering Keliru

Catat ini! Hal Medis yang Perlu Diketahui Orang Awam, Nomor 1 Sering Keliru

Ilustrasi luka yang dibalut hansaplast akibat tersayat pisau--

DISWAYJOGJA.ID - Banyak yang masih salah dalam melakukan pertolongan pertama dasar untuk berbagai kejadian yang terjadi pada diri sendiri maupun orang lain. Hal ini tentu berbahaya, karena jika salah penanganan dapat mengakibatkan masalah yang lebih serius.

Melansir halo.sehat yang ditinjau secara medis oleh Dr. Yusra Firdaus, berikut beberapa hal medis yang perlu diketahui oleh setiap orang:

1. Mengatasi Mimisan

Mimisan adalah salah satu hal yang sering dialami banyak orang. Mendongakkan kepala saat mimisan sambil memasukan tisu justru berbahaya karena mendorong darah masuk ke belakang tenggorokan dan dapat menyebabkan batuk & tersedak. Bila masuk ke saluran cerna maka yang akan terjadi adalah muntah darah.

Jika diantara kalian ada yang terkena mimisan sebaiknya cukup tekan hidung selama 10 sampai 15 menit atau hingga mimisan berarti dengan keadaan menunduk. Setelah berhenti, kompres batang hidung dengan handuk dingin untuk beberapa saat sambil tetap duduk dengan tegak.

2. Luka bakar

Kulit terbakar atau melepuh biasanya terjadi akibat tidak sengaja memegang benda panas atau terkena minyak panas. Kamu dapat mengalirkan luka dengan air, dan mengompresnya dengan kain yang sudah dibasahi.

Hindari mengoleskan luka dengan salep, pasta gigi atau sejenisnya. Karena hal tersebut justru memerangkap panas yang ada, dan memperlambat penyembuhan luka.

3. Luka tersayat pisau atau terpotong

Beberapa orang tidak jarang terluka saat menggunakan pisau, gunting, kater, atau benda tajam lainnya. Bila terjadi perdarahan, segera bersihkan luka terbuka dengan sabun dan air mengalir.

Setalah luka tercuci bersih, luka bisa dioleskan salep antiseptik kemudian tutuplah menggunakan perban ketika selesai.

Orang-orang kerap kali membersihkan luka menggunakan alkohol. Memang benar alkohol dapat membunuh kuman, tetapi itu berlaku untuk kulit yang tidak terluka. Pemberian alkohol justru akan memberikan sensasi panas, perih, dan rasa terbakar pada luka Anda.

Bila yang terjadi adalah perdarahan yang cukup banyak. Cegah pendaharan terus terjadi. Caranya tahan aliran darah dengan handuk dan cari pertolongan medis untuk menutup luka dengan jahitan.

4. Luka memar atau lebam

Hal medis lain yang perlu diketahui adalah mengatasi memar. Memar terjadi akibat pembuluh darah yang pecah sehingga mengakibatkan darah menggumpal.

Jika terjadi memar kamu dapat mengompres dengan es batu. Hal ini berguna untuk mempersempit pembuluh darah yang pecah dan memulihkannya secara perlahan.

Lakukan hal ini kurang lebih 20 menit setiap satu jam sekali pada 48 jam pertama. Setelah berlalu, Ganti kompres tersebut dengan kain yang telah dibasahi air hangat agar sirkulasi darah kembali normal.

5. Tersedak

Tersedak juga sering dialami oleh banyak orang. Hal ini tentu bisa membahayakan nyawa karena orang tersedak biasanya kesulitan bernapas. 

Jika terjadi ini, cobalah batuk sekuat tenaga dan memberikan dorongan dari perut. Lakukan hal ini berulang kali, dan indari meminum air atau memaksa menelan benda yang tersangkut.

Jika benda masih tersangkut di tenggorokan dan semakin kesulitan bernapas, segera hubungi nomor darurat untuk mendapatkan bantuan medis.

 

Bagaimana? setelah mengetahui langkah yang benar ketika mengalami hal-hal diatas tentu kita akan lebih tenang dalam menanganinya bukan? Yuk jangan lupa untuk memberi info ini kepada temanmu yang lain yaa...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: